Perencanaan Strategi Pemasaran Kosmetik Oriflame untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Arsianty, Lisa (1999) Perencanaan Strategi Pemasaran Kosmetik Oriflame untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232417

Abstract

Di era sekarang ini menyebabkan ketatnya persaingan bisnis, industri jasa maupun manufaktur makin dituntut untuk memberikan yang terbaik untuk konsumen. setiap perusahaan harus tetap memperhatikan kepuasan konswnen karena konsumen yang puas akhimya akan menjadi loyal terhadap perusahaan tersebut Karena itulah kemampuan meningkatkan kepuasan konsumen secara terus- menerus adalah syarat mutlak bagi kelangsungan hidup dan kesuksesan suatu perusahaan. Perusahaan yang memproduksi kosmetik merupakan salah satu jenis perusahaan yang dipandang perlu untuk memperhatikan masalah kepuasan konsumen citra positif baik terhadap perusahaan itu sendiri maupun terhadap produk kosmetiknya dipandang dari segi Product, Price, Place,dan Promotionnya dapat meningkatkan loyalitas konsumen. PT.Orindo Alam Ayu merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang kosmetik dianggap perlu untuk mengetahui apakah konsumen sudah puas terhadap produk yang ditawarkan. Untuk itu diperlukan suatu penelitian tentang kepuasan konswnen dengan tujuan agar konsumen dapat menjadi lebih loyal. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang menggunakan kosmetik Oriflame. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ekspektasi , tingkat persepsi serta tingkat loyalitas konsumen terhadap produk kosmetik yang ditawarkan oleh PT. Orindo Alam Ayu. Dari pengolahan dan analisis data yang dilakukan, maka dapat diketahui latar belakang konswnen kosmetik Oriflame secara umum, dapat mengelompokkan konsumen menjadi 2 segmen berdasarkan tingkat loyalitas, yaitu mayoritas konsumen dengan tingkat loyalitas rendah, dan konsumen dengan tingkat loyalitas agak tinggi. Selain itu dapat mengetahui variabel-variabel yang menimbulkan terjadinya kesenjangan. Dengan demikian dapat diketahui variabel-variabel yang menyebabkan ketidakpuasan konsumen terhadap kosmetik Oriflame, sehingga sebagai langkah terakhir dalam penelitian ini dilakukan usulan perencanaan strategi pemasaran kepada pihak manajemen PT.Orindo Alam Ayu. Hasil yang didapat adalah bahwa terjadi kesenjangan pada semua dimensi Marketing Mix, sehingga dapat dikatakan bahwa konsumen Oriflame masih belun terpuaskan, sehingga pihak manajemen sebaiknya berusaha untuk meningkatkan kepuasan konsumen karena konsumen yang puas akan cenderung loyal. Keloyalan konsumen dapat tercapai dengan pemenuhan kepuasan konsumen. Penelitian ini diharapkan dapat membantu 'PI'.Orindo Alam Ayu untuk memperbaiki kualitas produknya dari segi Product, Price, Place, dan Promotionnya agar konsumen menjadi puas dan akhimya menjadi loyal.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 152 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2013 07:50
Last Modified: 18 Dec 2013 07:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3992

Actions (login required)

View Item View Item