Perbedaan Motivasi Belajar Statistik Menjelang UAS Ditinjau Dari Nilai UTS dan Minat.

Noor, Elly Rahmayani (2001) Perbedaan Motivasi Belajar Statistik Menjelang UAS Ditinjau Dari Nilai UTS dan Minat. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143387

Abstract

Setiap orang pada dasarnya memiliki motivasi belajar, hanya saja relative berbeda-beda, ada yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, sedang dan ada pula mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal ini banyak dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor, baik dari dalam diri individu maupun di luar diri individu. Dalam penelitian ini angka atau nilai dari hasil evaluasi, dalam hal ini adalah nilai UTS sebagai faktor eksternal dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa, sebab dengan mengetahui hasil belajarnya mahasiswa dapat belajar lebih baik lagi. Selain itu minat terhadap mata kuliah yang diambil juga dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar. Menurut beberapa ahli motivasi belajar akan timbul bila ada minat. Dari uraian di atas peneliti berusaha menjawab: 'Apakah ada perbedaan motivasi belajar statistik menjelang UAS ditinjau dari nilai UTS dan minat pada mahasiswa psikologi di Universitas Surabaya". Subjek penelitian ini adalah mahasiswa psikologi Universitas Surabaya yang sedang mengambil mata kuliah statistik ll, sebanyak 88 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup dan angket terbuka sebagai tambahan data, dan dianalisis dengan menggunakan Seri Program Statistik edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih Universitas Gajah Mada versi IBM/1999, yaitu dengan teknik Anakova satu jalur. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa ada perbedaan motivasi belajar statistik menjelang UAS yang cukup signifikan ditinjau dari nilai UTS dan minat terhadap mata kuliah statistik pada mahasiswa Fakultas Psikologi di Universitas Surabaya (F=2.991 dan p=0.054). Hal ini karena disebabkan mahasiswa dengan nilai UTS tinggi cenderung untuk mempertahankan dan meningkatkan lagi prestasi yang telah dicapai. Sedangkan mahasiswa yang memiliki nilai UTS sedang dan rendah, nilai yang diperoleh belum sesuai dengan harapan mereka, sehingga kurang dapat untuk dijadikan alat motivasi belajar. Saran yang dapat penulis berikan bagi dosen adalah hasil umpan balik yang sudah dilakukan berupa nilai tugas atau ujian sebaiknya langsung dibagikan ke mahasiswa di kelas agar mahasiswa dapat menanyakan langsung mengenai soal-soal yang belum dipahami, sedangkan bagi mahasiswa diharapkan dapat selalu menanyakan pada dosen mengenai nilai tugas, ujian atau kuis agar dapat mengetahui kemampuan dalam menyelesaikan tugas.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 28 Aug 2013 02:28
Last Modified: 28 Aug 2013 02:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4010

Actions (login required)

View Item View Item