Hubungan antara Tipe Kepribadian Agreeableness dan Forgiveness pada Mahasiswa

Setiawan, Febrianti Puspita Wardhani (2021) Hubungan antara Tipe Kepribadian Agreeableness dan Forgiveness pada Mahasiswa. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of K_964_Abstrak.pdf] PDF
K_964_Abstrak.pdf

Download (114kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/262073

Abstract

Mahasiswa termasuk pada tahap emerging adulthood, pada tahap ini individu dapat berkonflik dengan orang tua, teman, dan pasangan yang erat kaitannya dengan forgiveness. Salah satu faktor penting dalam forgiveness adalah kepribadian agreeableness, karena kepribadian Agreeableness adalah dimensi kepribadian yang menggabungkan sifat altruisme, empati, perhatian dan kemurahan hati yang menyebabkan seseorang untuk mudah memaafkan pelaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara tipe kepribadian agreeableness terhadap forgiveness pada mahasiswa. Pengambilan data menggunakan nonprobability sampling (non random) yaitu dengan cara snowball sampling dengan responden berjumlah 301 mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif berupa kuesioner. Alat ukur yang digunakan adalah Transgression-Related Interpersonal Motivations 18 (TRIM-18) dan Big Five Inventory (BFI 44). Data kemudian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi pearson. Hasil analisis menunjukkan hubungan positif antara tipe kepribadian agreeableness dengan forgiveness mahasiswa (ρ = 0.453, sig. = 0.000). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi seseorang dengan tipe kepribadian agreeableness maka semakin tinggi pula tingkat forgiveness individu tersebut.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: kepribadian agreeableness, forgiveness, mahasiswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Sep 2021 06:56
Last Modified: 09 Sep 2021 06:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40242

Actions (login required)

View Item View Item