Perbaikan Kualitas Layanan Parkir Mobil di Pasar Atom dengan Pendekatan Ergonomis

Tanjung, Dewi (1999) Perbaikan Kualitas Layanan Parkir Mobil di Pasar Atom dengan Pendekatan Ergonomis. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232576

Abstract

Kebutuhan manusia yang utama terdiri dari kebutuhan akan sandang, pangan dan papan. Selain ketiga kebutuhan pokok tersebut masih ada kebutuhan yang lain, salah satunya adalah kebutuhan akan suatu hiburan. Salah satu bentuk hiburan yang dari dulu sampai sekarang tetap diminati setiap orang adalah jalan­ jalan dan berbelanja di pusat-pusat pertokoan. Seperti tempat hiburan lainnya, Pasar Atom pasti mempunyai tempat parkir. Mutu layanan dan keadaan lokasi parkir juga memegang peranan penting dalam menyerap pengunjung karena jika sebelum berbelanja saja pengunjung harus sibuk mencari tempat parkir mereka akan ma1as untuk datang berkunjung lagi. Mutu layanan dan keadaan lokasi ini didasarkan pada harapan pengunjung dan kepuasan pengunjung terhadap pelayanan dan lokasi yang ada. Untuk itu perlu diketahui ekspektasi dan persepsi pengunjung tentang tempat parkir Pasar Atom. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada para pengunjung Pasar Atom yang pernah parkir mobil di lantai atas bagian yang tertutup. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ekspektasi dan tingkat persepsi para pengunjung terhadap layanan yang di terima. Kuesioner ini mencakup 24 variabel pengukuran yang dikelompokkan ke dalam lima dimensi, yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Dari hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel-variabel yang perlu diperhatikan dan diperbaiki antara lain kebersihan di tempat parkir, penerangan, warna dinding, tata letak yang teratur, jumlah tempat parkir yang cukup, letak yang mudah diingat, petunjuk yang jelas, petugas yang sopan dan membantu mencari tempat parkir, tempat parkir yang luas, dan jalan ke tempat parkir yang lebar. Analisis perbaikan yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner perbaikan dan wawancara kepada pengunjung Pasar Atom. Dari informasi inilah kemudian disusun perbaikan untuk variabel-variabel yang perlu mendapat perhatian ldlusus dari pihak pasar atom. Misalnya antara lain ditambahnya jumlah lampu di tempat parkir, disediakan tempat sampah, petunjuk-petunjuk yang ada diperjelas, dan sebagainya. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat membantu pihak pasar atom untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanannya sehingga dapat memuaskan pengunjung.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 152 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2013 02:51
Last Modified: 18 Dec 2013 02:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4064

Actions (login required)

View Item View Item