Analisis Ekuitas Merek dan Positioning Produk Pembersih Wajah Ovale dalam Menghadapi Persaingan

Widodo, Ary (2000) Analisis Ekuitas Merek dan Positioning Produk Pembersih Wajah Ovale dalam Menghadapi Persaingan. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136603

Abstract

Perkembangan produk pembersih wajah saat ini sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyak munculnya merek pembersih wajah yang beredar di pasaran, sehingga persaingan antar merek pembersih wajah meningkat. Untuk dapat bersaing perlu untuk mengetahui ekuitas merek dan posisi pembersih wajah Ovale. Merek yang kuat akan memiliki kekayaan merek yang tinggi, dimana didalamnya terkandung kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas dan loyalitas merek. Selain itu perlu juga mengetahui posisi merek yang dapat digunakan untuk menentukan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan supaya dapat bersaing. Untuk mencapai tujuan penelitian maka langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan penyebaran kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan program SPSS versi 7.5. Setelah dilakukan pengolahan data kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis mean dan metode MOS. Dari hasil analisis data diperoleh kelompok responden berdasarkan tingkatan loyalitas yaitu komit (18,7%), suka (26%), biaya peralihan (14,7%), kebiasaan (21,3%) dan berpindah-pindah (19,3%). Bagi pelanggan komit, asosiasi yang terbentuk adalah produk yang dapat dipakai oleh pria dan wanita, untuk image adalah produk yang mudah didapat dan memberikan kepuasan, kesan kualitas yang terbentuk kuat adalah produk yang memiliki kemasan kuat. Bagi pelanggan suka, asosiasi yang terbentuk adalah pembersih wajah yang praktis, untuk image adalah produk dengan banyak pilihan dan memahami keperluan wajah, kesan kualitas yang terbentuk kuat adalah produk yang memiliki banyak pilihan sesuai dengan jenis kulit. Bagi pelanggan biaya peralihan, asosiasi yang terbentuk adalah citra baik dari produk, untuk image adalah produk yang mudah didapat, kesan kualitas yang terbentuk kuat adalah produk dengan harga terjangkau. Bagi pelanggan kebiasaan, asosiasi yang terbentuk adalah pembersih wajah yang dapat dipakai oleh pria dan wanita, untuk image adalah produk yang mudah didapat, kesan kualitas yang terbentuk kuat adalah produk yang mencantumkan komposisi dengan jelas. Bagi pelanggan pindah, asosiasi yang terbentuk adalah pembersih wajah dengan citra baik, untuk image adalah produk yang mudah didapat, kesan kualitas yang terbentuk kuat adalah bentuk tulisan pad a produk menarik. Sedangkan dilihat dari posisi merek Ovale pada masing­ masing tingkatan loyalitas diketahui bagi pelanggan suka, Ovale unggul dalam kepraktisan. Hal sama terjadi pada pelanggan yang memiliki tingkatan loyalitas biaya peralihan. Dengan mengetahui hasil tersebut maka strategi yang dilakukan antara lain dengan membuat stiker bertulisan Ovale dengan desain menarik untuk ditempelkan di tempat-tempat yang strategis, pemberian brosur untuk lebih mengenalkan produk Ovale, melakukan demo terhadap produk Ovale di mall dengan cara mencobakan produk Ovale ke konsumen dengan harapan agar penjualan produk semakin meningkat.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 152 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2013 02:55
Last Modified: 16 Dec 2013 02:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4074

Actions (login required)

View Item View Item