Pelatihan Intentional Self-Regulation “Let’s Regulate Ourselves!” Untuk Meningkatkan School Engagement Pada Siswa SMA “X” Surabaya

Pramesthi, Marta Dyah and Wicaksono, Levina (2022) Pelatihan Intentional Self-Regulation “Let’s Regulate Ourselves!” Untuk Meningkatkan School Engagement Pada Siswa SMA “X” Surabaya. Jurnal Psikologi dan Konseling, 20 (1). ISSN 2502 7190 (e) 2085 8086 (p) (Submitted)

[thumbnail of LoA Marta Dyah.pdf] PDF
LoA Marta Dyah.pdf - Accepted Version

Download (305kB)
[thumbnail of MARTA_Naskah Publikasi Pelatihan Intentional Self-regulation.pdf] PDF
MARTA_Naskah Publikasi Pelatihan Intentional Self-regulation.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy

Abstract

Pemeriksaan dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMA Negeri X Surabaya, tepatnya kelas XI IPS 3, yang berkaitan dengan keterlibatan siswa di sekolah (school engagement). Hasil asesmen menunjukkan bahwa siswa masih kurang memiliki pengetahuan tentang strategi belajar (cognitive engagement), kurang memiliki pemahaman dan pengontrolan diri mengenai perilaku yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran (behavioral engagement), serta kurang memiliki motivasi untuk terlibat dalam kegiatan belajar mengajar (emotional engagement). Oleh karena itu, pelatihan mengenai intentional self-regulation disajikan kepada para siswa. Pelatihan ini dibawakan oleh dua trainer yang bertanggungjawab untuk menyajikan sesi I hingga VI yang berisikan materi tentang dimensi intentional self-regulation, yaitu selection, optimization, dan compensation. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terjadi perubahan pengetahuan sebelum dan setelah diberikan pelatihan sebab terdapat peningkatan skor school engagement sebagian besar peserta. Namun, pelatihan belum memberikan dampak sebab hasil follow-up menunjukkan bahwa peserta pelatihan belum mampu menerapkan materi pelatihan, yaitu intentional self-regulation, ke dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: school engagement, intentional self-regulation
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Marta Dyah Pramesthi
Date Deposited: 31 Jan 2022 06:56
Last Modified: 31 Jan 2022 06:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41103

Actions (login required)

View Item View Item