Soedibyo, Dandy Christopher (2022) Pembuatan Game Digital Perang Kemerdekaan Indonesia dari Agresi Militer Belanda I Hingga Agresi Militer Belanda II. [Undergraduate thesis]
PDF
TI_2241_Abstrak.pdf Download (111kB) |
Abstract
Pengetahuan masyarakat umum akan Agresi Militer Belanda I dan II masih minim pada saat ini. Maka dari itu dibuatlah sebuah game digital agar masyarakat umum dapat mengetahui Agresi Militer Belanda I dan II. Dalam perkembangan dunia development game, muncul satu genre yaitu Historical Game. Genre tersebut menjadi terobosan dalam belajar sejarah lewat game. Sqire menjelaskan bahwa game digital dapat pilihan baru untuk mendapatkan pengetahuan tentang sejarah. Pada awalnya, dikumpulkan data keadaan saat ini untuk mengetahui seberapa jauh masyarakat umum mengetahui tentang Agresi Militer Belanda I dan II. Lalu dibuatlah desain game berdasarkan keadaan dan kebutuhan saat ini. Desain yang dibuat adalah sebuah game platformer 2D yang berisi teka-teki yang harus dipecahkan pemain. Lalu, dari desain tersebut dibuat game digital. Proses pembuatan dimulai dari pembuatan asset yang berupa tilemaps dan tileset untuk animasi, serta program itu sendiri. Setelah game digital selesai, dilakukan tes kepada masyarakat dengan metode pre-post test. Hasilnya, terdapat kenaikan signifikan yang menunjukkan bahwa game digital dapat meningkatkan pengetahuan tentang sejarah, terutama Agresi Militer Belanda I dan II.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Agresi Militer Belanda, Game Sejarah, Game Digital |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 08:02 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 08:02 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41645 |
Actions (login required)
View Item |