Air Daun Sirih (Piper betle L.) Tidak Berpotensi Memicu Resistensi Sel Escherichia coli pada Dosis Pemakaian Secara Traditional

Castoeri, Yeslia Naomi and Suryadjaja, Ernest and Wahjudi, Mariana (2022) Air Daun Sirih (Piper betle L.) Tidak Berpotensi Memicu Resistensi Sel Escherichia coli pada Dosis Pemakaian Secara Traditional. Media Pharmaceutica Indonesiana, 4 (1). pp. 56-64.

[thumbnail of Mariana Wahyudi_Air Daun Sirih.pdf] PDF
Mariana Wahyudi_Air Daun Sirih.pdf

Download (2MB)
Official URL / DOI: https://journal.ubaya.ac.id/index.php/MPI/article/...

Abstract

Air rebusan daun sirih (Piper betle L.), disebut juga air sirih, telah lama digunakan masyarakat di Indonesia. Pemakaian air sirih secara terus-menerus menimbulkan kekhawatiran pada muculnya bakteri yang resisten, seperti pada kasus paparan bakteri dengan minyak pinus. Penelitian ini dilakukan untuk me- ngetahui potensi terjadinya perubahan kepekaan sel Escherichia coli setelah dipaparkan air sirih dengan ka- dar yang umum digunakan oleh masyarakat (5% b/v). Metode yang digunakan adalah dengan pemaparan sel E. coli dengan air sirih 5% b/v, mulai dari generasi 0 hingga generasi ke-130. Uji konfirmasi ada tidaknya pe- rubahan kepekaan sel terhadap air sirih dilakukan dengan penentuan kadar hambat minimum dan hambatan pertumbuhan sel dengan metode difusi agar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sel pada generasi ke-0, 10, 40, 110, dan 130 tidak terhambat pertumbuhannya oleh air sirih walaupun densitas sel setelah terpapar air sirih dari generasi ke-0 hingga ke-130 cenderung mengalami penurunan. Zona hambatan pertumbuhan sel dari semua generasi terhadap antibiotik imipenem, ceftazidime, ciprofloxacin dan ampicilin juga tidak ber- beda signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sel E. coli yang terpapar air sirih pada kadar pemakaian masyarakat tidak berubah kepekaannya terhadap air sirih dan beberapa antibiotika uji.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: air sirih; antibiotika; Escherichia coli; hambatan pertumbuhan; resistensi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Technobiology > Department of Biology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:02
Last Modified: 05 Jul 2022 03:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42062

Actions (login required)

View Item View Item