Studi meta analisis: Efektivitas progressive muscle relaxation untuk menurunkan kecemasan orang dengan penderita penyakit kronis

Fadillah, Nur and Yudiarso, Ananta (2021) Studi meta analisis: Efektivitas progressive muscle relaxation untuk menurunkan kecemasan orang dengan penderita penyakit kronis. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9 (1). pp. 52-63. ISSN 2540-8291 (Online), 2301-8267 (Print)

[thumbnail of Nur Fadillah_Studi Meta Analisis.pdf] PDF
Nur Fadillah_Studi Meta Analisis.pdf

Download (3MB)
Official URL / DOI: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/...

Abstract

Objektif: Kecemasan sering terjadi oleh siapapun, terutama yang memiliki riwayat penyakit akan memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi. Progressive muscle relaxation merupakan salah satu pengobatan non farmakologis yang dapat digunakan untuk menurunkan kecemasan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas progressive muscle relaxation dalam menurunkan kecemasan. Metode: Menggunakan meta-analysis berupa review literatur 14 jurnal penelitian internasional. Total partisipan sebanyak 1.022 yang terdiri dari kelompok kontrol sebesar 516 dan kelompok eksperimen sebesar 506. Analisis data menggunakan website Meta-mar. Peneliti menggunakan pedoman dari PRISMA dan MARS. Temuan: Dengan menggunakan analisis statistik cohen’s d effect size, diperoleh hasil pengolahan data yaitu mean (M), standar deviasi (SD), dan sample size (N) menghasilkan effect size dengan menggunakan random effect dengan Hedges'g sebesar 0.81, 95%CI=0,224 sampai 1.401 dengan nilai Inconsistency (I2)= 94,5%. yang berarti bahwa progressive muscle relaxation memiliki efek yang besar untuk menurunkan kecemasan. Kesimpulan: Progressive muscle relaxation memberikan efek yang besar dalam menurunkan kecemasan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Progressive, muscle relaxation, anxiety, meta-analysis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:55
Last Modified: 18 Aug 2022 07:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42340

Actions (login required)

View Item View Item