Annan, Gosyen Lazero and Tondok, Marselius Sampe (2022) Perceived Discrimination sebagai Mediator Hubungan antara Akulturasi dan Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa Etnis Tionghoa. KELUWIH: Jurnal Sosial dan Humaniora, 3 (1). pp. 19-27. ISSN 2722-1741
PDF
Kesejahteraan psikologis mhs Etnis Tionghoa_Gosyen.pdf - Published Version Download (830kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan menguji hubungan antara akulturasi dengan kesejahteraan psikologis mahasiswa etnis Tionghoa dengan perceived discrimination sebagai mediator. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan design cross sectional survei. Partisipan penelitian (N= 97) merupakan mahasiswa etnis Tionghoa yang berkuliah di perguruan tinggi negeri. Metode sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu Vancouver Index Acculturation, Brief Perceived Ethnic Discrimination Questionnaire-Community Version (Brief PEDQ-CV), danPsychological Well- Being Questionnaire (PWB-42). Hasil uji hipotesis dengan uji mediasi menunjukkan bahwa perceived discrimination menjadi mediator full terhadap hubungan antara akulturasi dengan kesejahteraan psikologis mahasiswa etnis Tionghoa yang berkuliah di perguruan tinggi negeri(z=-1.988; p <0.05).Temuan ini menunjukkan bahwa sebagai minoritas, mahasiswa etnis Tionghoa melakukan penerimaan atau adaptasi terhadap budaya mayoritas untukmenurunkandiskriminasi yang dihadapinya dan mekanisme ini dapat meningkatkan kesejahteraan psikologisnya. Implikasi teoritis dan praktis penelitian ini, didiskusikan lebih lanjut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | akulturasi, kesejahteraan psikologis, diskriminasi yang dirasakan, etnis tionghoa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Marcelius Sampe Tondok 207017 - 5160 |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 05:34 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 05:34 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42712 |
Actions (login required)
View Item |