Hutomo, Laurentius Jeffrey (2022) Pembuatan Aplikasi Gamifikasi Manajemen Diri untuk Mengurangi Kecenderungan Prokrastinasi pada Mahasiswa. [Undergraduate thesis]
PDF
MMD_455_Abstrak.pdf Download (71kB) |
Abstract
Prokrastinasi sebagai tindakan penundaan pekerjaan atau aktivitas secara sengaja kendati berdampak buruk telah dilakukan oleh setidaknya 80-95 mahasiswa. Kesulitan untuk mengatur diri menjadi penyebab kecenderungan prokrastinasi pada mahasiswa, dengan sumber kesulitan itu sendiri beberapa diantaranya adalah distraksi kegiatan impulsif, durasi jam belajar yang dirasa tanpa jeda, dan rasa malas yang berlebih. Maka dari itu, dibutuhkanlah cara untuk memotivasi mahasiswa untuk mulai mengatur diri dan waktu mereka sehingga kecenderungan untuk berprokrastinasi dapat dikurangi.Aplikasi Winmo yang dibuat untuk memotivasi mahasiswa menginkorporasikan sistem penjadwalan waktu belajar otomatis berbasis teknik pengaturan waktu Pomodoro bersama dengan elemen-elemen gamifikasi kegiatan dan fasilitas untuk berkomunitas. Aplikasi dikembangkan menggunakan Android Studio, CorelDraw 2021, dan Figma dengan sistem database MySQL serta web service berbasis PHP yang telah terverifikasi dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil validasi menggunakan Procrastination Scale yang disebarkan pada responden mahasiswa aktif sebelum dan setelah 1 minggu menggunakan aplikasi, terjadi penurunan kecenderungan berprokrastinasi pada responden hingga sekitar 16 dengan mayoritas menyatakan aplikasi sudah cukup baik dan mudah digunakan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prokrastinasi, gamifikasi, manajemen diri |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Academic Department > Department of MKU |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 08:14 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 08:14 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42722 |
Actions (login required)
View Item |