Kartikasari, Cynthia Yohanna and Tanaya, Olivia (2022) Strategi Pengelolaan Bisnis Kuliner Lokal Berbasis Digital Di Sentra Kuliner Tropodo. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (2). pp. 125-135. ISSN Print 2721-0138; E-ISSN 2722-8061
PDF
13844-35326-2-PB.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 telah menjadi permasalahan setiap negara, termasuk Indonesia. Banyak UMKM memiliki kendala untuk dapat bertahan. Salah satu UMKM yang terkena dampak adalah UMKM bidang kuliner. Kegiatan pembatasan telah mengakibatkan perubahan dalam lingkungan bisnis. Pihak UMKM dituntut untuk dapat mengoptimalkan peran teknologi agar dapat bertahan ditengah lingkungan bisnis yang baru. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Sentra Kuliner Tropodo, yang memiliki letak strategis untuk bisnis kuliner. Sebelum pandemi, bisnis kuliner ini berjalan lancar dan banyak pengunjung yang menghabiskan waktu di daerah ini. Namun, semenjak pandemi, jumlah pengunjung telah berkurang sehingga perlu adanya strategi atau inovasi yang dapat menarik pengunjung. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendampingan terkait pengotimalan teknologi dalam aktivitas bisnis. Metode yang digunakan yakni peninjauan, penyuluhan, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini yakni UMKM dapat memperbaiki layanan dan kualitas yang kurang dengan memanfaatkan penggunaan teknologi digital seperti penggunaan kasir elektronik, pembayaran menggunakan QRIS, dan promosi media sosial. Kata Kunci: teknologi digital, inovasi, kuliner.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknologi digital, inovasi, kuliner |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Economic |
Depositing User: | CYNTHIA YOHANNA KARTIKASARI |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 02:16 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 02:16 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42797 |
Actions (login required)
View Item |