Kajian Continity of Care Pasien Program Rujuk Balik di Puskesmas Kota Surabaya

Vidiani, Anak Agung Pradnya Paramitha and Aditama, Lisa and Lorensia, Amelia (2023) Kajian Continity of Care Pasien Program Rujuk Balik di Puskesmas Kota Surabaya. Media Pharmaceutica Indonesia (MPI), 4 (4). (Submitted)

[thumbnail of LoA Anak Agung Pradnya Paramitha Vidiani.pdf] PDF
LoA Anak Agung Pradnya Paramitha Vidiani.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of ANAK AGUNG PRADNYA PARAMITHA VIDIANI 114119013 (1).pdf] PDF
ANAK AGUNG PRADNYA PARAMITHA VIDIANI 114119013 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)

Abstract

Pasien penyakit kronis menjalani transisi pelayanan kesehatan, sehingga kesinambungan perawatan [CoC] menjadi komitmen antar tenaga kesehatan. CoC diukur dari perspektif pasien berdasarkan pengalaman dalam pelayanan kesehatan terkait kesinambungan informasi, hubungan dan manajerial. Tujuan penelitian adalah melakukan kajian CoC pasien DM tipe 2 dan hipertensi PRB Puskesmas Kota Surabaya dan menggali pengalaman pasien dalam transisi pelayanan kesehatan. Rancangan penelitian adalah mixed methods. Sampel ditentukan secara purposive dengan memperhatikan kriteria penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner CCAENA dan wawancara semi-terstruktur. Kesinambungan hubungan berada pada tingkat yang tertinggi, dimana hubungan dengan dokter spesialis lebih tinggi [95%] dibandingkan dokter umum [74%]. Ketidaksinambungan hubungan terbesar, yaitu tidak bisa berkonsultasi dengan dokter yang sama di Puskesmas [58%]. Kesinambungan manajerial terkait koherensi perawatan [91%] dan aksesibilitas [79%]. Ketidaksinambungan manajerial terbesar adalah tidak ada koherensi perawatan antara dokter spesialis dan dokter di Puskesmas [85%] serta aksesibilitas saat antri di rumah rakit [48%]. Kesinambungan informasi berada pada tingkat paling rendah [73%]. Ketidaksinambungan informasi terbesar adalah diskusi antara pasien dan dokter di Puskesmas terkait pengobatan setelah rujukan [37%]. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketidaksinambungan dalam transisi perawatan pasien penyakit kronis terbesar adalah pemberian informasi. Apoteker memiliki peran penting untuk meningkatkan pelayanan informasi dan menjamin keselamatan pasien disetiap rantai perawatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CoC, kesinambungan informasi, kesinambungan hubungan, kesinambungan manajemen, CCAENA
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:49
Last Modified: 02 Mar 2023 05:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43369

Actions (login required)

View Item View Item