Pengembangan Formula Krim Antioksidan yang mengandung ekstrak kulit buah manggis dan durian

Putri, Eka Yunita and Gondokesumo, Marisca Evalina and Avanti, Christina (2023) Pengembangan Formula Krim Antioksidan yang mengandung ekstrak kulit buah manggis dan durian. Journal of Pharmacy and Science, 8 (2). ISSN 2527-6328, E-ISSN : 2549-3558 (Submitted)

[thumbnail of Pengembangan Formula Krim Antioksidan yang mengandung ekstrak kulit buah manggis dan durian] PDF (Pengembangan Formula Krim Antioksidan yang mengandung ekstrak kulit buah manggis dan durian)
Pharmasci_Krim_Antioksidan_Kulit Manggis_Durian_Eka.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 July 2023.

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of Surat Keterangan Penerimaan Publikasi (LOA)_Eka Yunita Putri.pdf] PDF
Surat Keterangan Penerimaan Publikasi (LOA)_Eka Yunita Putri.pdf

Download (258kB)

Abstract

Buah durian (Durio zibethinus) dan buah manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan buah-buahan primadona komoditas buah-buahan ekspor Indonesia yang bernilai ekonomi cukup tinggi. komoditas tersebut mengandung fitokimia seperti flavonoid, antrakuinon, fenol, saponin, terpenoid dan bahan aktif bersifat antioksidan dan berpotensi untuk kesehatan kulit. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk pembuatan krim dengan basis menggunakan ekstrak kulit durian dan ekstrak kulit mangis sebagai antioksidan. metode penelitian yang digunakan yaitu mengidentifikasi kulit Manggis dan Durian, persentase ekstraksi rendemen, pembuatan sediaan krim dengan formula F0-F15 dan dilakukan evaluasi karakteristik fisikokimia yang terdiri dari organoleptik, viskositas, daya sebar, homogenitas, pH dan stabilitas yang diamati selama 28 hari. Hasil penelitian yaitu Ekstrak etanol kulit Manggis dan Durian dapat dijadikan sebagai sediaan krim antioksidan memiliki mutu karakter fisika (organoleptis, homogenitas, daya sebar, viskositas dan pH) yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ekstrak kulit buah manggis, ekstrak kulit buah durian, antioksidan, anti-penuaan, krim
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Eka Yunita Putri
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:55
Last Modified: 21 Feb 2023 08:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43447

Actions (login required)

View Item View Item