Influence of Interpersonal Influence, Visual Appeal, Portability, Hedonic Browsing and Utilitarian Browsing on Urge to Buy Impulsively on Traveloka Application Users in Surabaya

Megawati, Veny and Trisnawati, Juliani Dyah (2022) Influence of Interpersonal Influence, Visual Appeal, Portability, Hedonic Browsing and Utilitarian Browsing on Urge to Buy Impulsively on Traveloka Application Users in Surabaya. In: Prosiding SENAMA 2022 (Seminar Nasional Manajemen 2022), 24 Augustus 2022, Hotel Santika Gubeng Surabaya.

[thumbnail of 27-Article Text-81-2-10-20221113.pdf] PDF
27-Article Text-81-2-10-20221113.pdf - Published Version

Download (280kB)
Official URL / DOI: http://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenam...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan pesat teknologi nirkabel dan tingkat penetrasi perangkat yang tinggi, berdampak pada perdagangan seluler (m-commerce) menjadi salah satu saluran paling populer untuk berbelanja. Kemajuan teknologi memiliki dampak substitusi pada industri pariwisata dan perhotelan dan selanjutnya meningkatkan penjualan online dan reservasi layanan lainnya. Wisatawan sudah mulai menggunakan web dan teknologi dalam proporsi yang semakin besar, dan berperilaku impulsif selama melakukan pembelian secara online. Aplikasi M-commerce dan belanja online ini saling terkait. Portability dan Visual Appeal adalah dua variabel utama yang paling dihargai oleh konsumen dalam meningkatkan Hedonic Browsing dan Utilitarian. Kehadiran keluarga dan teman (interpersonal influence) juga mempengaruhi Urge to Buy Impusively. Dalam konteks literatur produk pariwisata, hedonic browsing dan utilitarian browsing berpengaruh terhadap dorongan untuk membeli secara impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan yang kompleks antara pengaruh interpersonal influence, visual appeal, portability, hedonic browsing, utilitarian browsing dan urge to buy impusively saat membeli produk pariwisata. Objek yang digunakan adalah pelanggan mobile commerce Traveloka. Urge to Buy Impusively. Penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM dengan jumlah responden sebanyak 200 responden untuk mengukur hubungan antara variabel yang akan diteliti. Dari keseluruhan hipotesis pada penelitian ini yang menemukan 8 hipotesis, menyatakan seluruh hipotesis berpengaruh signifikan dengan hasil yang terdukung.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Interpersonal influence, visual appeal, portability, hedonic browsing, utilitarian browsing, urge to buy impusively
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Veny Megawati 201005
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:41
Last Modified: 02 Mar 2023 04:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43534

Actions (login required)

View Item View Item