Hadiwijaya, Samora (2000) Hubungan Antara Keterlibatan Afektif dan Kognitif Dengan Loyalitas Kunjungan Ke Kafe Excelso Bali Mal, Denpasar - Bali. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Kompetisi antar perusahaan yang semakin ketat menyebabkan perusahaan harus berjuang agar konsumennya tetap loyal. Loyalitas konsumen menjadi dasar peramalan penjualan periode mendatang.Loyalitas yang baik disertai dengan sikap positif. komitmen dan pembelian berulang terhadap merek tertentu. Setelah mencapai tahapan tersebut, konsumen akan terlibat kepada merek. Keterlibatan konsumen bisa berdasarkan pada proses kognitif atau proses efektif Pengenalan atas jenis keterlibatan konsumen loyal akan menjadi umpan balik untuk pengembangan perusahaan. Dalam penelitian ini ada 50 orang sebagai sampel penelitian yaitu pengunjung Kafe Excelso Bali Mal, di Denpasar-Bali yang telah berkunjung lebih dari sekali. Sampel terdiri dari 44 orang laki-laki dan 6 orang perempuan, 18 orang sudah menikah dan 32 orang belum rnenikah, dari berbagai aktivitas, tingkat penghasilan dan usia yang berbeda beda. Dari hasil analisis angket loyalitas kunjungan diketahui empat butir pernyataan yang gugur dari 16 butir pernyataan. Sedangkan dari angket keterlibatan kognitif diketahui satu butir pernyataan yang gugur dari 6 butir pernyataan dan dari angket keterlibatan afektif semua butir pernyataan sahih. Dari angket loyalitas kunjungan diketahui sebaran datanya normal. Sedangkan uji linearitas atas angket keterlibatan menunjukkan hasil korelasi linear pada angket keterlibatan afektif dan korelasi kuadratik pada angket keterlibatan kognitif Dari analisis regresi untuk melihat hubungan antara keterlibatan afektif dan keterlibatan kognitif dengan loyalitas kunjungan ke Kafe Excelso diperoleh hasil (R= 0,651; F= 17,265; dan p= 0,000). Dari korelasi parsial didapat hasil antara keterlibatan atektif dengan loyalitas kunjungan (r1y-2=0,049 dan p=0,738), keterlibatan kognitif dengan loyalitas kunjungan (r2y-1-0,512 dan p= 0,000). Kesimpulannya, variabel yang mempunyai hubungan dengan loyalitas kunjungan adalah keterlibatan kognitif Keterlibatan afektif tidak mempunyai hubungan dengan loyalitas kunjungan ke Kafe Excelso Bali Mal, Denpasar-Bali.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 08:15 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 08:15 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4376 |
Actions (login required)
View Item |