Perbedaan Perhatian Konsumen Terhadap Model Iklan Perempuan dan Model Iklan Laki-Laki.

Pratiwi, Diah Astrie (2001) Perbedaan Perhatian Konsumen Terhadap Model Iklan Perempuan dan Model Iklan Laki-Laki. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148956

Abstract

Penelitian tentang keefektifan suatu iklan di dalam mempengaruhi perhatian konsumen merupakan hal yang penting dalam pemasaran. Perilaku konsumen amatlah berperan di dalam menentukan keberhasilan dari pemasaran suatu produk, untuk itu maka berbagai cara ditempuh oleh pihak produsen untuk menarik perhatian konsumen, salah satunya adalah melalui bentuk periklanan. Karena itu maka tampilan dari iklan sendiri dibuat semenarik mungkin, salah satunya dengan menggunakan model iklan sebagai bintang dari produk yang ditawarkan. Dewasa ini iklan-iklan berbagai macam produk didominasi oleh model iklan perempuan, bahkan pada produk-produk yang bukan dikonsumsi untuk perempuan sendiri. Perempuan pada umumnya sangat bergairah, penuh vitalitas hidup, gerakan olah tubuh perempuan tampaknya bersifat lebih spontan dan impulsif oleh karena itu dunia periklanan membutuhkan sosok perempuan. Selain itu dengan menggunakan sosok perempuan sebagai model iklan didasarkan pada anggapan bahwa kaum perempuan mempunyai potensi sebagai pendorong pertumbuhan pola konsumsi, dan menjadi target atau objek barang-barang konsumsi sebab perempuan adalah sosok yang paling sering berhadapan dengan kebutuhan primer dan sekunder. Penelitian yang bersifat eksperimental ini ingin melihat apakah ada perbedaan perhatian terhadap iklan yang menggunakan model iklan perempuan dan iklan yang menggunakan model iklan laki-laki. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota karang taruna RW III Persada Prapen Mas Surabaya yang berusia 12 sampai dengan 22 tahun dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Incidental Sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah The One Shot Case Study. Alat ukur yang digunakan berupa angket. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang. Berdasarkan teknik perhitungan statistik t-test didapatkan hasil t = -5,704 dengan p = 0,000 yang berarti ada perbedaan perhatian terhadap iklan yang menggunakan model perempuan dan iklan yang menggunakan model laki-Iaki. Berarti hipotesa diterima. Hal yang dapat mempengaruhi hasil penelitian ini adalah antara lain karena model iklan perempuan memang cenderung lebih menarik untuk diekspos daripada model laki-laki dan karena kaum perempuan sebab sifatnya yang lebih spontan dan impulsif serta adalah sosok yang paling sering berhadapan dengan kebutuhan primer dan sekunder sehingga pada iklan berbagai macam produk banyak digunakan perempuan sebagai modelnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 08:41
Last Modified: 13 Dec 2013 08:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4378

Actions (login required)

View Item View Item