Perancangan Strategi Bisnis dan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Es Balok pada UD. Permata Es di Lamongan

Ardianto, Yusuf (2023) Perancangan Strategi Bisnis dan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Es Balok pada UD. Permata Es di Lamongan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4582_Abstrak.pdf] PDF
TM_4582_Abstrak.pdf

Download (246kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/266992

Abstract

UD Permata Es merupakan perusahan bergerak di bidang pembuatan Es balok yang berdiri di Kec. Brondong Kab. Lamongan. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2019, perusahaan ini berdiri di sekitar pantai utara dan berdekatan dengan tempat pelelangan ikan. perusahaan UD Permata Es ini memproduksi es balok untuk memenuhi kebutuhan pelanggan untuk mengawetan ikan. Terdapat beberapa kompetitor atau pesaing di industri yang sama ini, karena berada disekitar tempat pelelangan ikan, adanya kompetitor tersebut persaingan usaha semakin ketat sehingga penjualan kurang stabil menjadi naik turun, maka dari itu diperlukan perancangan strategi bisnis dan strategi pemasaran baik dan tepat untuk meningkatkan penjualan es balok UD Permata Es. Tahapan yang dilakukan yaitu menganalisis kekuatan lima porter yang bertujuan untuk mengetahui struktur industri dari perusahaan dengan hasil ancaman pendatang baru, kekuatan tawar menawar dari pemasok, kekuatan tawar menawar dari pembeli, ancaman barang pengganti, dan tingkat persaingan dengan pesaing. Selanjutnya menganalisis SWOT untuk mengetahui faktor dari dalam dan luar perusahaan. Kemudian menyusun strategi bisnis yang dimulai dari tahapan input yaitu Internal Factor Evaluation (IFE) dengan nilai 3,1 (dari 4) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE) dengan nilai 2,8 (dari 4). Berikutnya adalah analisis Competitive Kemudian untuk Competitive Profil Matrix (CPM), perusahaan UD Permata Es mendapatkan hasil nilai sebesar 3,56 (dari total 4), untuk pesaingnya KUD Minatani mendapatkan nilai sebesar 3,72 dan perusahaan CV Anugrah mendapatkan nilai sebesar 3,24 Pada tahap penyesuaian, Grand Strategy Management (GSM) berada di kuadran II yaitu hasil dari pertumbuhan pasar cepat dan posisi bersaing lemah. Selanjutnya IE Matriks yang diperoleh oleh UD Permata Es termasuk dalam kuadran 4 dimana posisi bisnis dalam kondisi yang Stability atau hati-hati. Kemudian pada Importance Performance Analysis (IPA), Analisis pemasaran diantaranya yaitu Segmentation, Targeting, Positioning dan Differentiation (STPD), dan pemasaran 4P (Product, Price, Place, dan Promotion). Pada Importance Performance Analysis (IPA) hasil yang diperoleh adalah kuadran I yaitu prioritas perbaikan pada pemasaran melalui forum diskusi. Selanjutnya analisis STPD yang pertama kali dilakukan yaitu Segmentasi geografis yang menjangkau nelayan, dan wirausaha lalu segmentasi demografi yakni kalangan orang tua, lalu kemudian segmentasi psikografis kalangan kebawah. Lalu target pasar yaitu wiraswasta dan wirausaha. kemudian positioning UD Permata Es memiliki keunggulan pada kualitas produk. Kemudian terdapat usulan yaitu perusahaan tetap menjaga keawetan dan kebeningan kualiatas es balok. Kemudian yang kedua yaitu harga terdapat usulan yaitu perusahaan harus mempertimbangkan dari harga pasar dan mempertimbangkan biaya produksi. Kemudian untuk lokasi disediakan tempat tunggu yang nyaman untuk pembeli saat muat. Lalu yang terakhir yaitu promosi yang perlu dilakukan melalui forum diskuksi karena mayoritas pelanggan orang tua sehingga kurang nya penggunaan media sosial seperti instagram dan sosial digital yang lain.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Strategi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:17
Last Modified: 10 Apr 2023 07:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43931

Actions (login required)

View Item View Item