Pengaruh Utilitarian Motivation, Ideal Self Concept, dan Perception of Consumers terhadap Intention to Use pada Produk Tabungan Wadi

Barqiah, Sarah (2023) Pengaruh Utilitarian Motivation, Ideal Self Concept, dan Perception of Consumers terhadap Intention to Use pada Produk Tabungan Wadi. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MM-629_Abstrak.pdf] PDF
MM-629_Abstrak.pdf

Download (268kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267142

Abstract

Indonesia yang didominasi dengan masyarakat muslim, namun tidak semua menggunakan perbankan syariah, lantaran belum bekerja sama dengan banyak instansi, sehingga tidak digunakan dalam setiap transaksi. Peneliti lebih lanjut menyatakan bahwa belum optimalnya konsep utilitarian motivation dan ideal self concept di kalangan nasabah terhadap penggunaan tabungan syariah, dikarenakan pemahaman agama, persepsi, dan citra diri ideal setiap individu bentuknya bervariatif, sehingga terdapat nasabah yang hanya ingin menghindari aktivitas haram dan juga terdapat nasabah yang hanya memenuhi kewajiban institusi. Teori besar pada penelitian ini adalah Fuctional Attitude Theory dengan Ideal Self Concept sebagai novelty nya untuk menggambarkan sikap, motivasi, dan konsep diri konsumen dalam menggunakan perbankan syariah. Gap pada penelitian ini adalah utilitarian motivation sebagai variabel center nya mendapati hasil yang berbeda pada beberapa penelitian, dalam artian bahwa hingga kini motivasi utilitarian masih jadi perdebatan, karena beberapa peneliti memiliki analisisnya masing-masing. Berdasarkan penjelasan diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Ideal Self Concept, Utilitarian Motivation, Perception of Consumers, Access to Information, dan Trust terhadap Intention to use, khususnya pada tabungan wadi ah BSI yang akan menjadi objek penelitian ini. Studi ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dengan skala likert kepada 367 nasabah muslim di Jawa Timur dan melalui uji SEM.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ideal Self-Concept, Utilitarian Motivation, Perception of Consumers, Trust, Intention to Use
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: BAMBANG SEPTIAWAN
Date Deposited: 04 May 2023 03:55
Last Modified: 04 May 2023 03:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44071

Actions (login required)

View Item View Item