Mendongeng sebagai metode Pengajaran Nilai-nilai HAM untuk membentuk Karakter yang Humanis dan Inklusif untuk Anak Usia Dini

Christanti, Inge and Rohi, Aloysia Vira Herawati and Simanjuntak, Maria Jane Tienoviani (2023) Mendongeng sebagai metode Pengajaran Nilai-nilai HAM untuk membentuk Karakter yang Humanis dan Inklusif untuk Anak Usia Dini. In: Konferensi Pendidikan Hak Asasi Manusia DATUM 2023, 16-18 Mei 2023, Daring. (Unpublished)

[thumbnail of Mendongeng untuk karakter humanis dan inklusif.pdf] PDF
Mendongeng untuk karakter humanis dan inklusif.pdf - Submitted Version

Download (655kB)

Abstract

Membentuk karakter anak usia dini bukanlah hal yang mudah dilakukan. Metode yang tepat perlu dipilih untuk menanamkan nilai-nilai yang mendukung terbentuknya karakter anak yang human dan inklusif. Penelitian ini menggali metode mendongeng sebagai pilihan untuk menanamkan nilai-nilai hak asasi manusia (HAM) pada anak usia dini. Nilai-nilai HAM yang ajarkan adalah nilai-nilai yang mendukung terbentuknya anak yang menghormati orang lain, mampu menerima perbedaan, dan menghargai orang lain Mendongeng merupakan pilihan metode yang tidak ada kesan menggurui atau indoktrinasi anak. Metode ini juga merupakan metode yang mampu melibatkan anak usia dini untuk meniru atau merefleksikan diri mereka dalam karakter yang ada dalam cerita dongeng tersebut. Nilai-nilai yang diajarkan untuk pembentukan karakter humanis dan inklusif, sangatlah erat kaitannya dengan muatan nilai�nilai hak asasi manusia. Penelitian ini menggunakan metode analisa isi untuk menggali nilai dalam dongeng yang dipilih. Hasil yang didapatkan adalah ada muatan nilai-nilai pada fabel Indonesia yang dipilih. Metode mendongeng memang digunakan oleh guru di sekolah agar anak lebih mampu menyerap nilai-nilai yang diajarkan dan tidak merasa bosan. Orang tua pun masih ada yang memilih metode mendongeng untuk mengajarkan nilai-nilai bagi anaknya. Anak-anak sendiri sangat menikmati ketika guru atau orang tua mendongeng untuk mereka.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Mendongeng, Pendidikan karakter anak usia dini, humanis, inklusif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Research Center > Center for Human Rights Studies
Depositing User: Inge Christanti 202048
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:57
Last Modified: 14 Jun 2023 04:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44286

Actions (login required)

View Item View Item