Pengaruh Self-Congruence, Materialism, Shopping Value Terhadap Brand Attachment, Compulsive Buying Dan Satisfaction With Life Pada Pakaian Bermerek Di Indonesia

Yasin, Gavrila Selig and Anandya, Dudi (2023) Pengaruh Self-Congruence, Materialism, Shopping Value Terhadap Brand Attachment, Compulsive Buying Dan Satisfaction With Life Pada Pakaian Bermerek Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Global Education, 4 (2). pp. 779-789. ISSN 2723-4665

[thumbnail of Dudi Anandya_PENGARUH SELF-CONGRUENCE_Rev.pdf] PDF
Dudi Anandya_PENGARUH SELF-CONGRUENCE_Rev.pdf

Download (3MB)
Official URL / DOI: https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/j...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-congruence, materialisme, dan shopping value terhadap brand attachment, impulsive buying dan obsessive-compulsive buying. Selain itu, penelitian ini juga meneliti pengaruh impulsive buying terhadap obsessive-compulsive buying dan pengaruh kedua bentuk pembelian tersebut pada satisfaction with life konsumen pakaian bermerek di Indonesia. Data dikumpulkan melalui survey dengan 200 responden dari penyebaran kuesioner secara online. Responden dari penelitian ini adalah masyarakat Indonesia dengan kecenderungan kompulsif dalam membeli pakaian bermerek. Penelitian ini menggunakan pendekatan structural equation modeling. Dalam penelitian ini ditemukan terdapat pengaruh positif ideal self-congruence, materialisme, dan hedonic value terhadap brand attachment; pengaruh negative actual self-congruence dan pengaruh positif materialisme terhadap impulsive buying; serta pengaruh positif materialisme dan penaruh negative utilitarian value terhadap obsessive-compulsive buying. Brand attachment memiliki pengaruh positif pada impulsive buying dan impulsive buying berpengaruh positif pada obsessive-compulsive buying. Impulsive buying juga berpengaruh positif pada satisfaction with life namun obsessive-compulsive buying tidak berpengaruh signifikan pada satisfaction with life.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self-congruence, materialisme, shopping value, brand attachment, , compulsive buying, satisfaction with life
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Gavrila Selig Yasin
Date Deposited: 10 Jul 2023 05:32
Last Modified: 25 Aug 2023 03:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44433

Actions (login required)

View Item View Item