Pelatihan Orang Tua dan Guru: Penerapan Response Blocking dan Noncontingent Reinforcement untuk Penanganan Gangguan Makan Pica pada Anak Autism Spectrum Disorder

Quincy, Lisungan Angeline (2023) Pelatihan Orang Tua dan Guru: Penerapan Response Blocking dan Noncontingent Reinforcement untuk Penanganan Gangguan Makan Pica pada Anak Autism Spectrum Disorder. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_653_Abstrak.pdf] PDF
MPSI_653_Abstrak.pdf

Download (129kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267981

Abstract

PICA merupakan sebuah gangguan makan yang biasanya dialami oleh anak-anak yang mengalami gangguan perkembangan, khususnya pada anak-anak yang mengalami ASD. Gangguan makan PICA merupakan sebuah perilaku yang berulang untuk mengkonsumsi benda yang bukan makanan. Gangguan makan PICA dapat membahayakan nyawa jika tidak diatasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pelatihan pada orang tua dan guru dengan anak autisme untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan response blocking dan noncontingent reinforcement dalam menangani gangguan PICA pada anak. Keterampilan orang tua dan guru yang memadai diharapkan dapat mengatasi gangguan makan PICA pada anak. Penelitian ini menggunakan metode single case experiment dengan desain A-B-A. Intervensi berupa pelatihan kepada orang tua dan guru dilakukan selama 5 sesi dengan durasi selama 60-90 menit. Data kuantitatif didapatkan dengan membandingkan hasil pretest, post-test dan follow-up pada orang tua dengan melihat skor pengetahuan mengenai ASD dan PICA, skor keterampilan memberikan response blocking dan noncontingent reinforcement, dan pada anak dengan melihat skor gangguan makan PICA. Data selama proses intervensi disajikan dalam bentuk trend analysis. Data kualitatif didapatkan dari wawancara, observasi dan pengisian modul. Hasil intervensi menunjukkan bahwa pelatihan yang dilakukan efektif karena adanya penurunan skor gangguan makan PICA yang dialami anak diikuti oleh peningkatan pengetahuan orang tua dan guru tentang ASD dan PICA, peningkatan pada keterampilan memberikan response blocking dan noncontingent reinforcement.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: autisme, PICA, pelatihan orang tua, response blocking, noncontingent reinforcement
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:28
Last Modified: 06 Jul 2023 03:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44440

Actions (login required)

View Item View Item