Kasnadianto, Saras Dwi Anugrah Putri and Budiani, Anastasia Hanugrah and Tjahjoanggoro, A. J. (2023) Pelatihan Self DeterminationUntuk Meningkatkan Classroom Engagement Pada Mahasiswa. I-Com: Indonesian Community Journal, 3 (2). pp. 574-583. ISSN 2809-2651; E-ISSN 2809-2031
![]() |
PDF
14838.pdf Download (423kB) |
Abstract
Mahasiswa pada umumnya diharapkan memiliki classroom engagement. Namun, classroom engagementseringkali kurang terwujud.Salah satu kendalanya berasal dari dalam diri mahasiswa. Permasalahan tersebutdialami oleh Universitas X di Surabaya. Berdasarkan data awal, sejumlah mahasiswa dinilai kurangmenunjukkanclassroom engagement. Oleh sebab itu, sebanyak 11 orang mahasiswa diberikan pelatihan dengan judul “Boost Your Self Determination, Increase Your Classroom Engagement”. Pelatihan berlangsung selama 5 hari secara daring melalui aplikasi Zoom meeting. Pelatihan ini menggunakan pendekatan eksperimen berjenisone group pre-test and post-test design serta menggunakan analisis data non-parametrik Wilcoxon Signed Test. Hasil pelatihan menunjukkan adanya perubahan pada tingkat pengetahuan terkait self-determinationdan kesadaran diri (awareness) terkait perilaku-perilaku yang tidak tepatdalam perkuliahan. Jika dilihat dari continuummenuju self-determination, para mahasiswa berada pada continuum external regulationhingga identifiedregulation. Meski demikian, berdasarkan follow-up, mahasiswa akan mengeluarkan usaha-usaha yang berkaitan dengan keterlibatan kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Classroom Engagement, Pelatihan, Self-Determination |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Saras Dwi Anugrah Putri Kasnadianto |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 02:13 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 02:13 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |