Pengembangan Digital Game MathbharataV3 sebagai Sarana Pembelajaran Matematika untuk Difabel

Mangowal, Remy Giovanny (2023) Pengembangan Digital Game MathbharataV3 sebagai Sarana Pembelajaran Matematika untuk Difabel. Keluwih: Jurnal Sains dan Teknologi, 4 (1). pp. 42-49. ISSN 2721-2432

[thumbnail of Remy Giovanny Mangowal_Pengembangan Digital Game MathbharataV3.pdf] PDF
Remy Giovanny Mangowal_Pengembangan Digital Game MathbharataV3.pdf

Download (2MB)
Official URL / DOI: https://journal.ubaya.ac.id/index.php/saintek/arti...

Abstract

Sumber daya manusia dengan difabilitas adalah sumber daya manusia yang memiliki potensi tinggi selama difasilitasi dengan metode pembelajaran yang tepat. Namun, jumlah penelitian bagi metode pembelajaran siswa difabel jauh lebih sedikit daripada penelitian untuk siswa reguler. Tantangan besar untuk pendidik pada bidang ini dapat diselesaikan dengan sebuah metode yang tidak lazim digunakan, yaitu dengan menggunakan game pembelajaran digital. Game tersebut membantu siswa difabel lebih berkonsentrasi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Sebuah survei untuk pendidik fasilitas difabel tersebut menunjukkan para pendidik setuju bahwa siswa difabel menjadi lebih tertarik daripada biasanya. Sebuah survei lain pada siswa difabel menunjukkan hasil yang sangat positif, dengan sangat banyak respon yang mengatakan bahwa game tersebut lebih menarik dari kelas biasanya. Seluruh hasil survei ini menunjukkan bahwa game pembelajaran berbasis digital tersebut memberikan hasil yang jelas dan positif sebagai media pembantu pembelajaran matematika pada siswa difabel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: matematika, siswa difabel, game pembelajaran, game digital, alat bantu pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: REMY GIOVANNY MANGOWAL
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:04
Last Modified: 30 Oct 2023 02:22
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/45128

Actions (login required)

View Item View Item