Soeherman, Bonnie and Putra, Aris Surya (2023) Metafora "Kuda Troya" Dalam Asem (Addictive Sustainable Ecosystem Model): Studi Kasus Akuntansi Inovasi Pada Ekosistem Tiktok. In: Peran Akuntansi Pancasila di Era Invasi Artificial Intelligence dan Ekonomi Global, 1-2 November 2023, Malang. (Submitted)
PDF (Submitted Article)
STRATEGI KUDA TROYA TIKTOK DALAM PERSPEKTIF AKUNTANSI INOVASI.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 1 November 2023. Download (703kB) | Request a copy |
Abstract
Dengan mengangkat kata kunci social commerce dan akuntansi inovasi, penelitian ini memiliki tingkat kebaharuan yang tinggi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan baru tentang perspektif akuntansi inovasi yang selama ini banyak dikenal dalam dunia pebisnis startup, melalui studi kasus TikTok dan TikTok Shop. Metodologi penelitian ini menggunakan studi kasus social media dan social commerce TikTok yang dikembangkan oleh ByteDance, Ltd. dengan data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber serta melalui kegiatan observasi sebagai bentuk triangulasi yang memadai. Penelitian ini menjadi semakin menarik karena telah membangun analogi Kuda Troya sebagai strategi bisnis yang digunakan oleh TikTok di dalam menggempur pasar. Kuda Troya yang dibangun dari teknologi akuntansi inovasi. Penelitian ini menghasilkan cara berpikir baru tentang akuntansi yang tidak hanya terbatas pada kejadian masa lampau, namun akuntansi juga bertanggungjawab untuk membangun data dan informasi saat ini dan prediksi tentang masa depan. Pertanggungjawaban melampaui threshold masa lampau yang disebut akuntansi inovasi sehingga penelitian ini bukan hanya memberi manfaat bagi kemajuan keilmuan, namun juga telah memberikan letupan-letupan wawasan baru bagi praktisi bisnis inovatif. By highlighting social commerce and innovation accounting keywords, this research has a high level of novelty. This research aims to provide new insights into the innovation accounting perspective which is widely known in the world of startup business through case studies of TikTok and TikTok Shop. This research methodology uses a case study on Tiktok’s social media and social commerce which were developed by ByteDance, Ltd. This research using secondary data which was obtained through various sources and triangulated by using observation methods. This research becomes even more interesting because it analogizes the Trojan Horse as a business strategy used by TikTok to invade the market. The Trojan Horse was made of innovation accounting technology. This research generates a new way of thinking about accounting which is not only limited to the past event, but also responsible to build current data and information and predict the future. Accountability beyond the past threshold called innovation accounting. So this research not only provides benefits for academics development, but also provides new insight explosions for innovative business practitioners.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | akuntansi inovasi, social commerce, tiktok, teknologi data, inovasi, kuda troya |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | ARIS SURYA PUTRA |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 07:57 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 07:57 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/45196 |
Actions (login required)
View Item |