Implementasi Service Recovery pada Front Office Department di Oakwood Hotel dan Residence Surabaya

Kinbenu, Yerikho Sembrani (2023) Implementasi Service Recovery pada Front Office Department di Oakwood Hotel dan Residence Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of LKLM_395_Abstrak.pdf] PDF
LKLM_395_Abstrak.pdf

Download (45kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/269220

Abstract

Laporan ini bertujuan untuk memaparkan Implementasi Service Recovery yang diterapkan oleh penulis dalam beberapa permasalahn yang terjadi pada Front Office Department di Oakwood Hotel Residence Surabaya. Laporan ini disusun berdasarkan hasil pelaksanaan praktik kerja lapangan di Oakwood Hotel Residence Surabaya yang merupakan satu-satunya hotel berbintang 5 di Surabaya Timur. Service Recovery adalah mengenai bagaimana kesalahan dalam sebuah layanan diperbaiki. Kunci perbaikan sebuah layanan adalah aksi yang cepat dan tepat ketika kesalahan itu diketahui. Laporan kerja lapangan ini disusun berdasarkan aktivitas magang yang dilakukan penulis di Oakwood Hotel Residence Surabaya selama 6 bulan. Penulis mengambil posisi Front Office Depatement dan melakukan beberapa aktivitas seperti operator, selling up, receptionist, reservations. Pengamatan yang sudah dilakukan selama proses magang tersebutlah yang akan digunakan sebagai dasar dari penulisan Laporan Kerja Lapangan ini. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa Front Office Department di Oakwood Hotel Residence Surabaya sudah memenuhi dan menjalanan seluruh aktivitas Service Recovery. Walaupun Service Failure yang dimaksud tetap bermunculan, akan tetapi proses Service Recovery yang sudah dijalankan membuat seluruh proses pemulihan sesuai yang diharapkan. Dengan begitu didalam proses pemulihan tersebut juga secara tidak langsung terdapat konsep Service Operation Management yang menerapkan inisiatif peningkatan berkelanjutan yang melibatkan perampingan proses, meningkatkan komunikasi dan kolaborasi, dan menerapkan teknologi baru

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Service Operation Management, Service Recovery, Service Failure, Front Office, Hotel Residence
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:53
Last Modified: 15 Nov 2023 03:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/45336

Actions (login required)

View Item View Item