M., Indra Alfiansyah (2023) Pembuatan Aplikasi Pintar Hijaiyah Berbasis Mobile pada Sekolah Dasar X. [Undergraduate thesis]
PDF
TI_2467_Abstrak.pdf Download (100kB) |
Abstract
Mengaji Al-Quran telah menjadi budaya masyarakat Islam di Indonesia sejak dulu. Namun, semenjak globalisasi berkembang pesat, banyak terjadi pergeseran nilai-nilai kehidupan terutama nilai agama. Tanpa memahami huruf hijaiyah satu persatu, maka akan kesulitan untuk membaca Al-Quran. Selain memahami huruf hijaiyah, hal yang tidak kalah penting selanjutnya yaitu memahami aturan Tajwid Makhorijul dan makna yang terkandung didalam Al-Quran. Aplikasi pembelajaran adalah suatu sarana media untuk menyampaikan suatu materi yang dapat diakses melalui beberapa perangkat seperti handphone, laptop, ataupun PC. Aplikasi pembelajaran tersebut tentunya akan mempermudah anak-anak dan membantu orang tua dalam mendidik anak-anaknya yang masih belum memahami huruf hijaiyah untuk kemudian mampu membaca Al-Quran. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi anak dalam belajar Al-Quran hanya terdapat beberapa aplikasi yang hanya mempelajari tentang hijaiyah saja pada umumnya. Belajar Al-Quran tidak cukup hanya mempelajari huruf hijaiyahnya saja tapi juga dibutuhkan pembelajaran pada hukum tajwid. Melihat kekurangan aplikasi yang ada saat ini, dibutuhkan aplikasi pembelajaran Al-Quran yang tidak hanya mempelajari huruf hijaiyah tetapi juga mempelajari hukum tajwid. Anak - anak pada saat ini sangat dekat dengan gadget. Oleh karena itu, tujuan utama pembuatan aplikasi mobile tersebut adalah agar membantu anak melakukan metode pembelajaran yang dapat dengan mudah dipelajari dan dipahami oleh anak - anak.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Hari Subagijo 201031 |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 08:55 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 08:55 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/45439 |
Actions (login required)
View Item |