Positioning SIMCARD Prabayar Pro Xl

Budiyanto, Henky (1999) Positioning SIMCARD Prabayar Pro Xl. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232151

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin meningkat dan tingkat mobilitas manusia yang semakin tinggi membuat kebutuhan akan alat komunikasi yang fleksibel dan mudah dibawa kemana-mana menjadi penting. Saat ini satu-satunya alat komunikasi yang paling fleksibel dan paling mudah penggunaannya adalah handphone. Masalahnya adalah bahwa handphone pada beberapa waktu yang lalu masih menggunakan simcard pasca bayar yaitu HALO, GSM XL, dan GSM Satelindo. Kekurangan dari kartu pasca bayar ini bagi konsumen adalah konsumen tidak dapat mengontrol sendiri biaya pemakaian pulsa bandphonenya dan sering kali konsumen merasa bahwa biaya pulsa yang harus dibayarkan tidak sesuai dengan biaya pemakaian. Selain itu proses administrasinya yang masih berbelit-belit membuat konsumen malas untuk membeli kartu pasca bayar. Tapi sekarang masalah itu bisa diatasi dengan munculnya simcard prabayar dimana pada sistem simcard prabayar ini konsumen bisa langsung membeli kartu perdana tanpa proses administrasi sedikitpun. Sedangkan untuk biaya pulsanya, konsumen bisa mengatur sendiri dengan membeli voucher isi ulang dengan jumlah yang diinginkan. Kemudahan-kemudaban inilah yang menyebabkan banyak konsumen simcard pasca bayar yang beralih ke simcard pra bayar. Saat ini di pasaran terdapat tiga jenis simcard prabayar yaitu Pro XL, Simpati, dan Mentari yang masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi dari Pro XL sekaligus menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh PT. Excelcomindo Pratama dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat itu. Dari basil penelitian didapat dua cluster dimana segmen pasar dari kedua cluster ini sama-sama akan dimasuki oleh Pro XL karena selain mempunyai jumlah yang berimbang juga sama-sama merupakan pasar potensial. Dari kedua cluster tersebut lalu masing-masing akan dicari karakteristiknya dan posisi dari Pro XL di benak konsumen kedua cluster tersebut untuk selanjutnya dapat dirumuskan strategi pemasaran bagi simcard prabayar Pro XL.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 03 Sep 2013 07:10
Last Modified: 03 Sep 2013 07:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4562

Actions (login required)

View Item View Item