Analisis Posisi Merek Mie Instant ABC Dihubungkan dengan Ekuitas Merek

Budhi S., Albertus (1999) Analisis Posisi Merek Mie Instant ABC Dihubungkan dengan Ekuitas Merek. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232518

Abstract

Saat ini perekonomian Indonesia sedang dalam masa krisis sehingga memukul berbagai sektor industri yang ada, dan termasuk di dalamnya industri mie instant. Disamping itu dengan banyaknya produk mie instant yang beredar akan menyebabkan persaingan akan semakin ketat. Untuk itu perlu disusun suatu strategi dalam menghadapi persaingan tersebut. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan dengan sebaik-baiknya aset yang dimiliki. Yang termasuk dalam aset perusahaan itu salah satunya adalah merek. Oleh karena itu suatu merek harus menjadi kuat, yaitu dengan memiliki kekayaan merek (ekuitas merek) yang tinggi. Ekuitas merek terdiri dari kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand association), kesan kualitas (perceived quality) dan loyalitas merek (brand loyalty). Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang pernah membeli dan mengkonsumsi mie instant ABC. Hal ini bertujuan untuk mengetahui ekuitas merek dari mie instant ABC. Disamping itu kuesioner harus diisi oleh konsumen yang juga pernah mengkonsumsi Indomie, Michio, Miduo, Sarimi dan Supermi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui posisi merek mie instant ABC dibanding dengan para pesaing. Analisa Faktor dilakukan pada variabel-variabel kesan kualitas yang bertujuan untuk mengelompokkan variabel. Analisa cluster dilakukan untuk mengelompokan konsumen berdasarkan tingkat loyalitasnya, kemudian dilanjutkan dilanjutkan dengan analisa diskriminan untuk mengetahui persentase kebenaran pengelompokan. Analisa manova dilakukan untuk mencari variabel yang membedakan cluster yang terbentuk. Selanjutnya dilakukan analisa ketergantungan untuk mengetahui ketergantungan cluster dengan Jatar belakang konsumen sehingga diketahui karakteristik konsumen pada tiap cluster. Setelah itu dilakukan analisa deskriptif untuk mengetahui kesadaran merek mie instant ABC pada tiap cluster. Untuk mengetahui asosiasi merek, image dan kesan kualitas, dilakukan dengan penentuan skor terhadap variabel-variabel pembentuknya. Dan untuk mengetahui posisi merek mie instant ABC dibanding dengan para pesaing untuk tiap cluster, dilakukan analisa dengan multidimensional scaling. Dari penelitian ini dapat dihasilkan suatu kesimpulan bahwa Ekuitas Merek mie instant ABC masih rendah. Dan basil ini bisa menjadi masukan bagi perusahaan mie instant ABC untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan merek mie instant ABC dan juga meningkatkan keloyalan konsumen. Atau secara umum untuk meningkatkan ekuitas merek mie instant ABC.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Sep 2013 08:59
Last Modified: 04 Sep 2013 08:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4639

Actions (login required)

View Item View Item