Rafael, Steven (2024) Perlindungan Hukum Pemilik Merek terkenal atas Penggunaan Produk secara Online ditinjau dari Undang-undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. [Undergraduate thesis]
PDF
PE_3862_Abstrak.pdf Download (77kB) |
Abstract
Pada era modern saat ini, memerlukan suatu peraturan yang terkait dengan kekayaan intelektual. kekayaan intelektual tidak lepas dari suatu merek. Pengaturan tentang merek diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis yang selanjutnya disingkat (UU Merek dan Indikasi Geografis) yaitu: Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau tiga dimensi, suara, hologram atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa. Pada penulisan ini membahas perlindungan hukum terhadap pemilik merek terkenal apabila pihak secara online tersebut melakukan pelanggaran merek yaitu persamaan pada pokoknya dengan logo merek terkenal. Penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif yaitu menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa M.id yang merupakan pihak secara online melanggar dalam UU Merek dan Indikasi Geografis dan pemilik merek terkenal dapat mengajukan gugatan perbuatan melanggar hukum yang diatur dalam KUH Perdata
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum Pemilik Merek Terkenal, Pihak Secara Online |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law |
Depositing User: | Perpustakaan UBAYA |
Date Deposited: | 24 May 2024 07:05 |
Last Modified: | 24 May 2024 07:05 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46425 |
Actions (login required)
View Item |