Ayuwandani, Yosinta (2024) Peran Keterikatan Kerja sebagai Mediator dalam Hubungan antara Meaningful Work dengan Adaptive Performance pada Guru. Masters thesis, University of Surabaya.
PDF
MPSI_721_Abstrak.pdf Download (143kB) |
Abstract
Seiring dengan perubahan yang cepat dan masif yang berdampak terhadap pendidikan, Adaptive Performance menjadi faktor psikologis yang penting bagi guru dalam beradaptasi dengan perubahan dinamis dalam kurikulum, teknologi, dan kebutuhan siswa untuk memberikan pengajaran yang efektif dan relevan. Penelitian ini bertujuan menguji peran Work Engagement sebagai mediator hubungan antara Meaningful Work dengan adaptive performance pada guru. Partisipan penelitian ini adalah 105 guru KB hingga SMA pada salah satu yayasan sekolah Muslim di Sidoarjo. Data dikumpulkan menggunakan kuestioner untuk mengukur ketiga variabel penelitian. Penelitian ini menggunakan alat ukur Adaptive Performance mengacu pada indikator (pulakos, 2000) berjumlah 19 item. Alat ukur Meaningful Work (WAMI) berjumlah 10 item, dan Work Engagement (UWES-17) berjumlah 17 item. Hipotesis penelitian dianalisis dengan uji path analysis dengan Program JASP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Work Engagement berperan sebagai mediator parsial hubungan antara Meaningful Work dengan Adaptive Performance pada guru (Beta = 0,62 p kurang dari 0,001). Meskipun demikian, hubungan Meaningful Work dengan Adaptive Performance lebih besar jika melalui Work engagement. Penelitian ini mengimplikasikan pentingnya Work Engagement sebagai faktor personal dan motivasional dalam meningkatkan Adaptive Performance pada guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja adaptif, Guru, Kebermaknaan kerja, Keterikatan kerja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Perpustakaan UBAYA |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 09:12 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 09:12 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46627 |
Actions (login required)
View Item |