Tanggung Gugat Usaha Pariwisata Atas Promosi Yang Menyesatkan

Rustamar Gani, Lisandy and Kusumawati, Lanny and Hernawati, Elly (2022) Tanggung Gugat Usaha Pariwisata Atas Promosi Yang Menyesatkan. UNES Law Review, 5 (2). pp. 422-431. ISSN 2654-3605; E-ISSN 2622-7045

[thumbnail of Lisandy Ristamar Gani_TANGGUNG GUGAT USAHA PARIWISATA.pdf] PDF
Lisandy Ristamar Gani_TANGGUNG GUGAT USAHA PARIWISATA.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of TANGGUNG GUGAT USAHA PARIWISATA  ATAS PROMOSI YANG MENYESATKAN] PDF (TANGGUNG GUGAT USAHA PARIWISATA ATAS PROMOSI YANG MENYESATKAN)
LOA Lisandy Rustamar Gani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
Official URL / DOI: https://review-unes.com/index.php/law/article/view...

Abstract

Penelitian hukum atas tindakan promosi yang menyesatkan oleh PT. ADMS dilakukan karena banyak dijumpai pelaku usaha yang mengiklankan usahanya tidak sesuai dengan kenyataannya sehingga dapat menimbulkan kerugikan antara konsumen, hal itu melanggar ketentuan pasal 26 hurufd UU Kepariwisataan dimana pelaku harus memberikan informasi yang akurat dan bertanggung jawab sehingga mengurangi resiko terjadinya kesalah pahaman diantara konsumen dan pelaku usaha.Esensi pelaku usaha dalam melakukan aktivitas usahanya adalah untuk mendapatkan keuntungan, namun harus tetap mempertimbangkan resiko yang akan diterima oleh konsumen.Dalam menyelenggarakan kegiatan pariwisata berisiko tinggi, pelaku usahawajib memberikan perlindugan asuransi bagi wisatawan.PT. ADMS merupakan pengusaha wisata berisiko tinggi. Wisatawan yang sedang menyelam menggunakan jasanya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kematian. Wisatawan yang meninggal seharusnya mendapatkan asuransi sebagaimana tertera dalam brosur, pada kenyataannya PT. ADMS tidak memberikan klaim asuransi korban dengan alasan tidak memenuhi prosedur administratif. PT. ADMS dengan sengaja tidak memberikan klaim asuransi kepada keluarga korban dikarenakan tidak membayarkan tagihan premi kepada perusahaan asuransi. Kata Kunci :Perlindungan Konsumen, Pengusaha Wisata, Menyelam, Wisata Berisiko Tinggi Legal research on misleading promotional actions by PT. ADMS is carried out because there are many businesses who advertise their businesses not in accordance with the reality which can disadvantage consumers, this violates the provisions of Article 26 letter d of the Tourism Law where businesses must provide accurate and responsible information so as to reduce the risk of misunder standings between consumers and businesses. The essence of businessesin carrying out their business activities is to gain profits, but must still consider the risks of being accepted by consumers. In carrying out high-risk tourism activities, businesses are required to provide insurance protection for tourists. PT. ADMS is a high-risk tourism business. Traveler who dives using their services had an accident that resulted in death. Traveler who died should have received insurance as stated in the brochure, in fact PT. ADMS does not provide victims' insurance claims on the grounds that they do not comply with administrative procedures. PT. ADMS deliberately did not provide insurance claims to the victim's family because they did not pay the premium bill to the insurance company.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Pengusaha Wisata, Menyelam, Wisata Berisiko Tinggi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Lisandy Rustamar Gani
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:55
Last Modified: 12 Aug 2024 06:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46828

Actions (login required)

View Item View Item