Faktor-faktor yang Memengaruhi Consumer

Limantara, Andrew Christopher (2024) Faktor-faktor yang Memengaruhi Consumer. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_7215_Abstrak.pdf] PDF
M_7215_Abstrak.pdf

Download (171kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/272814

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami beberapa faktor yang berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen Erigo di Indonesia. Objek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tingkat pembelian produk clothing Erigo di Indonesia. Data yang terdapat dalam penelitian diolah dengan menggunakan model penelitian Structural Equation Modeling (SEM) melalui software AMOS versi 24.0. Penelitian ini mencakup 150 responden dengan karakteristik konsumen produk clothing Erigo sebagai data primer. Consumers purchase behaviour sebagai variabel endogen dalam penelitian ini sedangkan brand consciousness, brand awareness, brand nationality, dan brand schematicity berperan sebagai variabel eksogen karena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor brand consciousness, brand awareness, dan brand nationality berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumers purchase behaviour. Konsumen dengan tingkat kesadaran yang tinggi cenderung membeli produk dari negara maju dengan kualitas produksi yang baik. Faktor brand consciousness dan brand nationality tidak berpengaruh terhadap brand awareness dalam penelitian ini karena meskipun konsumen mungkin sadar akan pentingnya merek, hal ini tidak secara langsung meningkatkan kesadaran konsumen terhadap beberapa merek tertentu, selain itu atribut dan kualitas dari sebuah produk lebih diutamakan dibanding asal negara produk tersebut. Faktor brand schematicity juga tidak berpengaruh terhadap consumers purchase behaviour karena dibandingkan dengan skema atau identitas visual sebuah merek berupa logo atau tipografi, kualitas produk, pengalaman membeli, serta harga yang bersaing jauh lebih memengaruhi perilaku pembelian konsumen.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Consumers Purchase Behaviour, Brand Awareness, Brand Schematicity, Fashion Clothing Brands, Clothin
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 09 Oct 2024 08:54
Last Modified: 09 Oct 2024 08:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47220

Actions (login required)

View Item View Item