Penerapan Complaint Handling Pada Hotel Luminor Jemursari Surabaya

Itam, Keiko Leonata (2024) Penerapan Complaint Handling Pada Hotel Luminor Jemursari Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of LKLM_475_Abstrak.pdf] PDF
LKLM_475_Abstrak.pdf

Download (297kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/273044

Abstract

Laporan Kerja Lapangan (LKL) ini dengan tujuan untuk memahami penerapan complaint handling pada Hotel Luminor Jemursari Surabaya. Laporan kerja lapangan disusun dengan cara melakukan praktik kerja lapangan di Hotel Luminor Jemursari Surabaya berlangsung selama 4 bulan pada departemen sales marketing. Departemen sales marketing merupakan salah satu departemen yang bertemu langsung dengan pelanggan. Hal ini menjadikan penulis memahami penerapan complaint handling melalui buffet all you can eat pada saat Ramadhan di Hotel Luminor Jemursari. Menangani keluhan pelanggan merupakan suatu hal yang penting bagi hotel untuk tetap bertahan. Selama praktik kerja lapangan, penulis menemukan enam keluhan yang terjadi pada saat praktik kerja lapangan. Berdasarkan pengamatan selama praktik kerja ditemukan bahwa Hotel Luminor Jemursari sudah menerapkan sesuai dengan yang terdapat dalam pedoman complaint handling. Masalah-masalah terkait complaint handling masih ditemukan, sehingga perlu dilakukan perbaikan dan diberikan rekomendasi agar dapat meningkatkan kualitas Hotel Luminor.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: complaint, complaint handling, customers
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 18 Oct 2024 03:47
Last Modified: 18 Oct 2024 03:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47309

Actions (login required)

View Item View Item