Pembuatan Permainan Digital untuk Meningkatkan Fungsi Eksekutif Sebagai Dasar Kelancaran Membaca pada Siswa Kelas 4 SD dengan Borderline Intellectual Functioning (bif)

Rebecca, Ivonne (2024) Pembuatan Permainan Digital untuk Meningkatkan Fungsi Eksekutif Sebagai Dasar Kelancaran Membaca pada Siswa Kelas 4 SD dengan Borderline Intellectual Functioning (bif). Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/273147

Abstract

Siswa yang duduk di kelas 4 SD, diharapkan sudah mampu membaca dengan tepat dan cepat, yang merupakan salah satu indikator dari kelancaran membaca. Di sisi lain, siswa kelas 4 SD dengan keterbatasan kognitif, yaitu tingkat kecerdasan yang berada pada kategori borderline (IQ 70-85, skala Wechsler), mengalami kendala untuk mencapai kemampuan membaca sesuai dengan usianya. Keterbatasan fungsi eksekutif yang mendasari kelancaran membaca dapat menjelaskan kesalahan membaca yang ditunjukkan. Ketertinggalan dalam bidang akademik membuat siswa dengan borderline intellectual functioning (BIF) memiliki minat dan motivasi yang rendah, sehingga membentuk rendahnya keterlibatan pada kegiatan belajar. Oleh karena itu, permainan digital yang menyasar pada peningkatan fungsi eksekutif merupakan salah satu intervensi yang dapat menjawab kebutuhan permasalahan ini. Penelitian ini menggunakan desain penelitian research and development. Hasil pengumpulan data menunjukkan terdapat 4 kemampuan kognitif, yaitu kecepatan pemrosesan, perhatian visual, memori kerja dan kontrol inhibitori, yang dijadikan sasaran fungsi eksekutif pada permainan digital. Berdasarkan kritik dan saran para pakar, dilakukan perbaikan penyusunan level, instruksi, cara kerja permainan, dan umpan balik visual. Para pakar setuju bahwa tampilan terdiri atas fitur yang cukup memadai dan tidak memunculkan kebingungan pengguna. Para partisipan tampak antusias dan terlibat pada permainan, yaitu cukup mampu mengikuti instruksi dan mengoperasikan dengan bantuan yang minim.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: permainan fungsi eksekutif, kelancaran membaca, fungsi intelektual borderline
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 23 Oct 2024 08:42
Last Modified: 23 Oct 2024 08:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47342

Actions (login required)

View Item View Item