Pengaruh Source Credibility dan Parasocial Relationship Terhadap Purchase Intention dan Moderasi Self Congruity Menggunakan Stray Kids Sebagai Endorser

Nuari, Syndi Putri Fitrianti and Setyawan, Andhy (2024) Pengaruh Source Credibility dan Parasocial Relationship Terhadap Purchase Intention dan Moderasi Self Congruity Menggunakan Stray Kids Sebagai Endorser. Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi (JMBI) UNSRAT, 11 (3). pp. 1912-1930. ISSN 2356-3966; E-ISSN 2621- 2331

[thumbnail of Andhy Setyawan_PENGARUH SOURCE CREDIBILITY DAN PARASOCIAL RELATIONSHIP.pdf] PDF
Andhy Setyawan_PENGARUH SOURCE CREDIBILITY DAN PARASOCIAL RELATIONSHIP.pdf

Download (804kB)
Official URL / DOI: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jmbi/ar...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak mediasi parasocial relationship terhadap hubungan source credibility (attractiveness, expertise, dan trustworthiness) dan purchase intention serta pengaruh moderasi self congruity terhadap hubungan parasocial relationship dan purchase intention dengan menggunakan Stray Kids sebagai endorser. Penelitian ini merupakan penelitian causal research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan sampling yang digunakan dalam penelitian adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Target populasi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penggemar k-pop yang mengidolakan boy group Stray Kids dan mengetahui produk Ultra Milk x Stray Kids. Sampel yang digunakan di dalam penelitian adalah sebanyak 150 responden. Software yang digunakan untuk menguji penelitian adalah smartPLS 3 dengan menggunakan teknik analisis SEM PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa attractiveness berdampak signifikan positif secara langsung terhadap purchase intention, parasocial relationship memediasi hubungan source credibility dan purchase intention, serta self congruity terbukti tidak berdampak memoderasi hubungan parasocial relationship dan purchase intention.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: attractiveness, expertise, trustworthiness, parasocial relationship, purchase intention, self congruity
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: SYNDI PUTRI FITRIANTI NUARI
Date Deposited: 23 Jan 2025 08:14
Last Modified: 14 Mar 2025 02:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47800

Actions (login required)

View Item View Item