Perlindungan Hukum bagi Pengemudi Ojek Online terhadap Pesanan Fiktif pada Fitur Pesan antar Makanan

Ahad, Jessica Angelina (2025) Perlindungan Hukum bagi Pengemudi Ojek Online terhadap Pesanan Fiktif pada Fitur Pesan antar Makanan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of PE_4001_Abstrak.pdf] PDF
PE_4001_Abstrak.pdf

Download (81kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/274668

Abstract

Meluasnya penggunaan aplikasi transportasi online seperti Grab telah menimbulkan berbagai permasalahan, salah satunya adalah pemesanan fiktif. Pesanan fiktif adalah pesanan palsu yang merugikan mitra pengemudi. Perintah fiktif tersebut tidak hanya merugikan pengemudi secara materiil, namun juga imateriil seperti waktu dan tenaga. Karena semakin banyaknya kasus pesanan fiktif yang menimpa pengemudi, maka diperlukan suatu analisis mengenai apakah perjanjian kemitraan antara Grab dan pengemudi memberikan perlindungan hukum bagi pengemudi yang menerima pesanan fiktif atau tidak. Penulisan ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif yang didasarkan pada peraturan perundang-undangan, perjanjian kemitraan Grab dan tulisan-tulisan yang relevan. Dengan analisis tersebut diharapkan pengemudi yang menerima pesanan fiktif dari konsumen yang tidak bertanggung jawab mendapat perlindungan hukum. Dalam hal ini, Grab Indonesia perlu memperkuat regulasi dalam perjanjian kemitraan, menyediakan mekanisme kompensasi, dan menerapkan sistem suspensi atau pemblokiran bagi konsumen yang melakukan pemesanan fiktif guna memberikan perlindungan hukum bagi pengemudi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Ojek online, Pesanan fiktif, Perjanjian kemitraan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:55
Last Modified: 21 Apr 2025 07:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/48395

Actions (login required)

View Item View Item