Lutviana, Zhella (2025) Hubungan Antara Identitas Sosial dan Social Dominance Orientation dengan Prasangka Etnis Papua Terhadap Pendatang. Masters thesis, University of Surabaya.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
peningkatan jumlah pendatang. Etnis Papua menganggap bahwa mereka sebagai pemilik wilayah merasa terancam dengan kedatangan transmigran dan memandang etnis pendatang sebagai kelompok yang akan mengambil sumber daya yang ada di wilayah mereka. Konflik-konflik yang terjadi di Papua terhadap pendatang pada dasarnya dimulai karena stereotype sehingga muncul prasangka antar penduduk asli dan pendatang. Skala yang digunakan pada penelitian ini yaitu skala Blatant and Subtle Prejudice (RIVEC), skala identitas sosial dari Tajfel, social dominance orientation 7-short scale. Teknik analisis akan dilakukan menggunakan software SPSS versi 27. Penelitian ini menggunakan 220 responden dengan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu accidental sampling dan menggunakan teknik analisis korelasi berganda. Hasil yang didapatkan yaitu uji asumsi tidak terpenuhi maka dilakukan analisis non parametrik, korelasi spearman, dan tidak dapat dilakukan analisis untuk menjawab hipotesis mayor. Selanjutnya hubungan identitas sosial dengan prasangka tidak berkorelasi dengan r = -0.91 nilai signifikansi 0.179. Social dominance orientation berkorelasi positif dengan prasangka dengan r = 0,641 nilai signifikansi 0.000. Bagi penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian menggunakan dasar teori yang linier.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnis Papua, identitas sosial, pendatang, prasangka, social dominance orientation |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Eko Setiawan 194014 |
Date Deposited: | 02 May 2025 07:58 |
Last Modified: | 02 May 2025 07:58 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/48454 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |