Meta-Analisis: Intervensi Berbasis Parent Training Untuk Meningkatkan Efikasi Kompetensi Parenting Orangtua Dengan Anak ADHD

Ilahude, Alisha Rahmadaniar and Yudiarso, Ananta (2024) Meta-Analisis: Intervensi Berbasis Parent Training Untuk Meningkatkan Efikasi Kompetensi Parenting Orangtua Dengan Anak ADHD. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 15 (2). pp. 30-42. ISSN 2540-9255

[thumbnail of ALisha_Ananta_meta-analisis ADHD.pdf] PDF
ALisha_Ananta_meta-analisis ADHD.pdf

Download (555kB)
Official URL / DOI: https://doi.org/10.51353/inquiry.v15i02

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil dari meta-analisis dari efektivitas program intervensi berbasis Parent Training (PT) terhadap peningkatan efikasi kompetensi orangtua untuk menghadapi dan mengelola perilaku gejala ADHD anak yang mengganggu. PT merupakan alternatif intervensi yang terbukti efektif bagi anak-anak dengan diagnosa ADHD, namun dampaknya pada kompetensi orangtua patut dipertanyakan khususnya posisi orangtua sebagai pendamping anak dan fungsi mereka sebagai keluarga. Meta analisis ini mencakup sebanyak total partisipan 1434 dari 11 jurnal penelitian dengan hasil medium effect size (Hedges g) 0.398 (95% Cl = 0.292 hingga 0.503) untuk efektivitas PT terhadap efikasi kompetensi orangtua dalam mengelola perilaku gejala ADHD anak yang mengganggu tidak cukup signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Parent training, Kompetensi Orangtua, ADHD, Attention-Deficit/hyperactivity disorder, meta-analisis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Alisha Rahmadaniar Ilahude
Date Deposited: 23 Jul 2025 09:13
Last Modified: 23 Jul 2025 09:13
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/49087

Actions (login required)

View Item View Item