Aristasari, Deby Indah and Lindawati, Amelia and Christian, Frikson (2025) Creating Learning Atmospheres For Student Success (Class) Pada Pendidik Di SMP Katolik Pencinta Damai. Sosioedukasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 14 (3). pp. 1516-1522. ISSN 2086-6135; E-ISSN 2541-612X
![]() |
PDF
Creating Learning Atmospheres.pdf Download (397kB) |
Abstract
Pelatihan CLASS (Creating Learning Atmospheres for Student Success) dirancang untuk meningkatkan keterampilan manajemen kelas pendidik di SMP Katolik Pencinta Damai. Pelatihan ini dilaksanakan menggunakan desain kuasi-eksperimen one-group pretest-posttest dengan delapan partisipan yang memiliki skor rendah hingga sedang pada Classroom Management Scale (CMS). Pelatihan menggunakan metode lecturing, role play, ice breaking, visual audio, diskusi, dan studi kasus, yang dipadukan dengan modul interaktif. CMS terdiri dari tujuh aspek, yaitu: Management of Planning; Management of Teaching Learning Resources; Management Of self-discipline; Management of Student Behavior; Management of Learning Atmosphere; Management of Classroom Instruction; Management of Evaluation. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan peningkatan signifikan pada skor posttest (Z = -2,521; p = 0,012), yang mengindikasikan efektivitas pelatihan dalam meningkatkan seluruh aspek CMS. Temuan ini menegaskan bahwa pelatihan CLASS mampu membekali pendidik dengan strategi pengelolaan kelas yang adaptif, partisipatif, dan sesuai dengan Kurikulum Merdeka, sekaligus mendukung terciptanya iklim belajar yang kondusif dan berpusat pada peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kelas, peserta didik, training need analysis, pelatihan pendidik, kurikulum merdeka |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Ester Sri W. 196039 |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 05:47 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 05:47 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/49458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |