Hubungan Antara Persepsi Konsumen Terhadap Tanggung Jawab Etis Dalam Bauran Pemasaran Dengan Sikap Afektif Terhadap Merek PT. X

Fahrani, Mirma Alia (2001) Hubungan Antara Persepsi Konsumen Terhadap Tanggung Jawab Etis Dalam Bauran Pemasaran Dengan Sikap Afektif Terhadap Merek PT. X. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148888

Abstract

Menghadapi situasi dimana kesadaran konsumen akan hak-hak konsumen mulai meningkat seperti yang telah diuraikan di atas, perusahaan-perusahaan yang menjual produk atau jasanya seperti PT. Mustika Ratu dituntut untuk lebih memperhatikan kepentingan konsumen dalam proses transaksi dengan konsumen. Berangkat dari pemikiran bahwa perusahaan tersebut berada dalam industri dengan persaingan yang semakin kompetitif di mana upaya mempengaruhi sikap afektif konsumen sangat penting maka masalah yang menarik diteliti adalah apakah persepsi konsumen terhadap tinggi rendahnya tanggung jawab etis PT. Mustika Ratu dalam bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga dan promosi memiliki hubungan yang positif dengan sikap afektif terhadap merek. Populasi penelitian adalah kousumen jenis kelamin perempuan berusia di atas 18 tahun di wilayah Surabaya yang pernah melakukan transaksi dengan subyek penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan convenience sampling dan jumlah sampel ditetapkan sebanyak 50 orang. Data dikumpulkan menggunakan metode angket. Setiap butir pertanyaan dalam angket dilengkapi dengan 5 (lima) pilihan jawaban. Butir pertanyaan untuk sikap efektif sebanyak 8 (delapan), tanggung jawab etis bauran produk 9 (sembilan) butir pertanyaan, tanggung jawab etis bauran harga 4 (empat) butir pertanyaan, tanggung jawab bauran promosi 4 (empat) butir pertanyaan. Simpulan yang diperoleh, hipotesis pertama didukung. Terdapat korelasi yang signifikan antara tanggung jawab etis dalam bauran produk dengan sikap terhadap merek sebesar rxy1.23 = 0,7575 dan nilai p= 6,969 atau p < 0,05. Hipotesis kedua didukung. Terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel tanggung jawab etis dslam bauran harga dengan sikap terhadap merek sebesar rxy2.l3 = 0,3341 dan nilai p=0,020 atau p<0,05. Hipotesis ketiga didukung. Terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel tanggung jawab etis dalam bauran promosi dengan sikap terhadap merek sebesar rxy3.12 =0,3138 dan nilai p=0,030 atau p<0,05. Untuk meningkatkan kemampuan bersaing dalam mempertahankan konsumen lama dan baru,perusahaan harus terus menerus meningkatkan kemampuannya untuk menjadikan tanggung jawab etis dalam bauran produk, harga dan produksi menjadi bagian dari strategi penjualan yang aktif, dilakukan di masa mendatang. Agar kemampuan tanggung jawab etis tersebut dapat dikenali secara langsung oleh masyarakat sehingga akan memberikan pengaruh positif kepada konsumen, perusahaan harus secara giat mengkomunikasikannya melalui media promosi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 06:20
Last Modified: 02 Oct 2013 06:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5025

Actions (login required)

View Item View Item