Pemodelan Fungsi Demand dan Implikasinya dalam Pembuatan Keputusan Manajerial di PT. Kasogi Internasional TBK

Soenjoto, Roddy (2002) Pemodelan Fungsi Demand dan Implikasinya dalam Pembuatan Keputusan Manajerial di PT. Kasogi Internasional TBK. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136276

Abstract

Pada kondisi lingkungan dunia industri yang sangat dinamis saat ini, proses pengambilan keputusan manajerial haruslah efektif dan efisien dalam beradaptasi dengan lingkungannya sehingga tujuan akhir perusahaan yaitu optimalisasi profit tetap dapat tercapai, oleh karena itu suatu pedoman yang baku dan bersifat kuantitatif sangat dibutuhkan. Penelitian ini dimulai dari rnembangun theoretical model (model yang menjelaskan hubungan teoritis antar variabel-variabel independen yang mempengaruhi demand) yang selanjutnya akan digunakan sebagai acuan dalam pengujian korelasi, proses estimasi (dengan stepwise regression) dan evaluasi dari segi econometrics analysis sehingga didapatkan model fungsi demand yang layak secara statistik. Dari hasil perhitungan stepwise regression tersebut, diketahui bahwa terdapat 4 faktor yang paling dominan (R-square 88,3 %) mempengaruhi demand yang terjadi yaitu harga jual (price), advertising cost bulan sebelumnya, GDP (pertumbuhan ekonomi) suatu negara, dan ekspektasi konsumen masa yang akan datang dengan persentase kesalahan peramalan model sebesar 7,074 %. Model fungsi demand yang didapat tersebut kemudian digunakan untuk keperluan marketing decision making yaitu di bidang pricing policy, repricing policy, dan advertising budget allocation dengan terlebih dahulu menghitung elasticity of demand. Kemudian dengan konsep optimizing (melalui metode markup pricing modified with marginalist pricing), diketahui bahwa markup rate perusahaan dalam menentukan harga jual terlalu tinggi (50 %), seharusnya 35,19 % (dihitung berdasarkan price elasticity dari data bulan September 2001). Dan dengan konsep satisficing, dipc:roleh suatu metode yang aplikatif untuk repricing policy dan advertising budget allocation. yang dapat digunakan sebagai strategi adaptasi perusahaan terhadap perubahan lingkungan yang sangat dinamis saat ini.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Causalloop(theoretical model), econometrics analysis, elasticity of demand, pricing policy, advertising budget allocation.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 01 Oct 2013 02:28
Last Modified: 01 Oct 2013 02:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5159

Actions (login required)

View Item View Item