Perbaikan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap layanan Hotel Palm Bondowoso Dengan Pendekatan Integrasi Holserv dan QFD

Wijaya, Megawati (2002) Perbaikan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap layanan Hotel Palm Bondowoso Dengan Pendekatan Integrasi Holserv dan QFD. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136237

Abstract

Dengan adanya persaingan yang cukup ketat, maka Hotel Palm yang beralamat di Jl A. Yani No. 32 Bondowoso selalu meningkatkan kepuasan layanannya. Hotel Palm yang menjanjikan kenyamanan hotel seperti di rumah sendiri memberikan beberapa fasilitas seperti kolam renang, restaurant, aula dan ruang pertemuan scrta tempat parkir yang cukup luas. Selain itu Hotel Palm juga mempunyai letak yang cukup strategis yang berada di jantung kota Bondowoso yang merupakan jalur yang strategis karena di lewati kendaraan dari arah Besuki, Situbondo dan Jember. Untuk meningkatkan kepuasan layanan di Hotel Palm maka perlu mengetahui variabel-variabel apa penting dan juga tingkat kepuasan dari variabel-variabel itu sendiri. Dalam hal ini dilakukan penyebaran kuesioner kepada responden yang pernah menginap di Hotel Palm dan Anugerah juga Hotel Palm dan Hotel Baru. Hotel Anugerah dan Hotel Baru di sini dianggap merupakan pesaing Hotel Palm. Dari hasil kuesioner diketahui bahwa tingkat kepuasan layanan di Hotel Palm sudah melebihi kepuasan layanan pesaingnya. Meskipun kepuasan terhadap layanan Hotel Palm sudah melebihi pesaingnya tetapi masih terdapat variabel yang masih rendah tingkat kepuasannya dari pada grand mean kepuasan keseluruhan seperti variabel kesesuaian layanan dengan brosur, ketepatan waktu check in, keamanan tempat parkir, kebersihan kamar, toilet dan kolam renang. Untuk itu dengan menggunakan pendekatan integrasi antara HOLSERV dan QFD guna melakukan perbaikan terhadap kepuasan variabel layanan tersebut. Perbaikan yang dilakukan antara lain dengan adanya prosedur check out, mengubah jam check in, adanya standar kualifikasi satpam, pengadaan koordinator cleaning service pengontrolan terhadap kebersihan kamar, standar komposisi kaporit dan penambahan frekuensi menguras air kolam renang. Dengan adanya perbaikan tersebut diharapkan akan meningkatkan kepuasan layanan Hotel Palm tersebut.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 02 Oct 2013 07:08
Last Modified: 02 Oct 2013 07:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5180

Actions (login required)

View Item View Item