Kurniawan, Sunyoto (2001) Pengaruh Periklanan, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan, Persepsi Kualitas, dan Persepsi Nilai Terhadap Loyalitas Merek Djarum Super di Surabaya. Masters thesis, University of Surabaya.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Semakin banyaknya jenis dan variasi harga rokok yang ditawarkan menjadikan konsumen lebih selektif dalam memilih rokok. Untuk itu diperlukan kejelian dan kreativitas setiap produsen rokok dalam mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen agar pelanggan merasa puas. Pelanggan yang puas cenderung akan terus mengonsumsi dan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain. Bagi semua Badan Usaha adalah mahal untuk mendapatkan pelanggan baru dan relatif lebih murah untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Selain itu loyalitas pelanggan terhadap merek sangat penting untuk mempertahankan pangsa pasar dan mengurangi biaya pemasaran. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh majalah Swasembada yang bekerja sama dengan Frontier Marketing Research Consultant dan MARS (Marketing Research Specialists), diketahui bahwa Djarum Super sebagai produk yang paling memuaskan pelanggannya, namun tingkat loyalitas pelanggannya hanya berada pada urutan ke enam atau dengan kata lain meskipun Djarum Super sudah berhasil memuaskan pelanggannya. Namun ternyata prestasi tersebut belum cukup untuk membuat pelanggannya loyal, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi loyalitas merek Djarum Super. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan teori yang menyatakan bahwa periklanan, citra merek, kepuasan pelanggan, persepsi kualitas, dan persepsi nilai berpengaruh positif terhadap loyalitas merek. Penelitian ini dilakukan pada para perokok, khususnya kepada pelanggan rokok Djarum Super. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Model, yang terdiri dari measurement model dan causal model memungkinkan pengukuran sebuah rangkaian hubungan yang relatif "rumit" secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa periklanan berpengaruh positif terhadap citra merek; persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap persepsi nilai pelanggan; dan citra merek, kepuasan pelanggan, persepsi kualitas, dan persepsi nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek Djarum Super.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Management |
Depositing User: | Karyono |
Date Deposited: | 29 May 2012 04:24 |
Last Modified: | 30 Sep 2015 02:03 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/535 |
Actions (login required)
View Item |