Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Referensi melalui E-Mail di Perpustakaan Universitas Surabaya

., Lasi and Setiawan, Eko (2012) Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Referensi melalui E-Mail di Perpustakaan Universitas Surabaya. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 21 (1). pp. 1-9. ISSN 0854-1078

[thumbnail of Analisis Kepuasan_Abstrak_2012.pdf]
Preview
PDF
Analisis Kepuasan_Abstrak_2012.pdf

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of Analisis Kepuasan_2012.pdf] PDF
Analisis Kepuasan_2012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi infomasi memberikan peluang kepada pustakawan layanan referensi untuk meningkatkan kinerja layanan perpustakaan. Penelitian kepuasaan pengguna layanan referensi telah dilakukan pada bulan luli-Desember 2010 untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan referensi melalui e-mail. Penelitian dilaksanakan dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dikirim ke responden, yaitu sivitas akademika Universitas Surabaya (UBAYA), melalui email pustaka@ubaya.ac.id. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa layanan referensi melalui e-mail di perpustakaan UBAYA telah berjalan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan oleh tingkat kepuasan pengguna yang tinggi (91.6%) diiihat dari waktu respons, kualitas respons, kemudahan akses, pengetahuan pustakawan, dan kualitas petunjuk/ informasi. Sebanyak 90.3% responden menyatakan puas terhadap waktu respons yang tidak lebih dari 3 hari. Respons yang diperoleh pengguna dari layanan referensi melalui e-mail sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhaninfomasi pengguna secara cepat. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dalam layanan referensi memberikan peluang kepada pustakawan untuk merespons lebih cepat permintaan pengguna dalam memenuhi kebutuhan informasi, sehingga memengaruhi tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan referensi melalui e-mail. Penggunaan e-mail juga lebih efektif untuk memperoleh umpan balik dari pengguna dalam rangka meningkatkan kualitas layanan referensi melalui e-mail.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Layanan referensi online; layanan referensi via e-mail; kepuasaan pengguna; layanan penelusuran informasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 10 Oct 2013 02:51
Last Modified: 10 Oct 2013 02:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5352

Actions (login required)

View Item View Item