Implementasi Metode Bump Mapping Pada Ray Tracing

., Ratnawati (2001) Implementasi Metode Bump Mapping Pada Ray Tracing. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231718

Abstract

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menampilkan gambar objek 3D ke dalam suatu bidang 2D, seperti graphic pipeline, atau ray tracing. Dalam tugas akhir ini, metode yang akan digunakan adalah ray tracing. Metode ray tracing dapat menghasilkan gambar-gambar objek 2D secara realistik dengan kualitas yang menyerupai foto. Perlu diketahui bahwa gambar-gambar objek yang dihasilkan dari metode ray tracing nantinya akan mempunyai permukaan yang halus. Padahal tidak semua objek mempunyai permukaan yang halus. Misalkan saja permukaan tanah, awan, buah, gelombang air, atau tekstur kayu dapat dihasilkan dari objek yang mula mula permukaannya halus dibuat terlihat kasar. Contohnya permukaan tanah, dibentuk dari satu bidang datar yang permukaannya dibuat tidak rata. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menghasilkan permukaan yang kasar, tidak rata, dan bergelombang adalah metode bump mapping. Bump mapping dapat membuat permukaan menjadi terlihat kasar, tidak rata, dan bergelombang tanpa menambahkan jumlah polygon pada objek tersebut. Ide dasarnya adalah dengan memodifikasi vektor normal di tiap titik pada permukaan objek. Normal yang baru ini akan digunakan dalam menghitung intensitas warna di tiap titik sehingga dapat menimbulkan kesan permukaan tidak rata, kasar, atau bergelombang. Jadi permukaan objek sebenarnya masih tetap halus. Sedangkan kekasaran atau ketidakrataan yang dihasilkan hanyalah merupakan ilusi atau tipuan mata. Dalam menerapkan metode bump mapping, beberapa hal penting yang harus diperhatikan yaitu texture yang digunakan dalam hal ini adalah gambar 2D, metode pemetaan texture pada objek, serta penskalaan yang dilakukan dalam metode bump mapping. Sebab hal-hal yang tersebut dapat mempengaruhi kualitas tampilan objek. Untuk meningkatkan kualitas program, ada beberapa hal yang mungkin dapat dilakukan. Misalnya saja untuk mempercepat proses render dapat diterapkan metode untuk akselerasi. Selain itu dapat diterapkan juga metode bump mapping Iainnya seperti metode emboss bump mapping atau metode environment mapping bump mapping.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 11 Oct 2013 03:05
Last Modified: 11 Oct 2013 03:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5401

Actions (login required)

View Item View Item