Analisis Perbandingan Kualitas Layanan Garuda Indonesia Terhadap Maskapai Asing Dipandang Dari Harapan dan Persepsi Penumpang Garuda Indonesia Penerbangan Surabaya-Jakarta

Teguh S., Henkie (1999) Analisis Perbandingan Kualitas Layanan Garuda Indonesia Terhadap Maskapai Asing Dipandang Dari Harapan dan Persepsi Penumpang Garuda Indonesia Penerbangan Surabaya-Jakarta. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136765

Abstract

Persaingan adalah kata yang jika ditelaah secara hati-hati akan berarti suatu kemajuan, pertumbuhan dan kualitas. Karena hanya perusahaan yang berkualitas, mempunyai visi yang maju dan senantiasa mendorong pertumbuhannya saja yang akan selamat dalam persaingan. Salah satu wujud dari tiga hal diatas adalah strategi pemasaran yang mengacu pada konsumen. salah satu jalan yang dapat ditempuh guna merumuskan strategi pemasaran adalah mengetahui latar belakang pengguna produk serta apa yang ada dibenak mereka. Service Quality sebagai salah satu alat untuk mengetahui kualitas jasa dapat pula digunakan sebagai alat untuk merumuskan suatu strategi pemasaran karena didalamnya termuat harapan dan persepsi pengguna jasa. Selain itu bila didukung dengan penjajakan latar belakang pengguna produk/jasa, tentunya akan mempertajam strategi tersebut. Akan tetapi dalam situasi yang penuh ketidakpastian dan kompetisi ini perlu pula mempertimbangkan kompetitor atau produsen produk sejenis untuk diperbandingan sebagai evaluasi. Kaitan hal tersebut dengan garuda Indonesia adalah bahwa alat-alat tersebut akan digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran pada GI. Hasil yang diperoleh adalah bahwa berdasarkan harapan dan persesi penumpang terdapat 4 harapan utama terhadap suatu pelayanan penerbangan yaitu Interaksi Petugas dalam Pelayanan dan Variasi Pelayanan, keandalan, kebijakan dan Sistem Reservasi serta Peralatan penunjang penerbangan. Selain dari itu terdapat 3 segmen pada penumpang GI yaitu segmen dengan preferensi harapan Rendah, Tinggi dan Sedang dimana masing-masing segmen tersebut didominasi oleh Pria, usia 36-43 th, pegawai swasta, terbang lebih dari 5 kali, tujuan dinas, perjalanan dibiayai perusahaan, keputusan pemilihan maskapai oleh diri sendiri serta mempunyai pilihan penerbangan asing favorit SIA. Sedangkan berdasarkan perbandingan kualitas layanan dipeoleh bahwa penumpang pada tiga segmen yang terbentuk menyatakan bahwa Kualitas layanan yang diberikan GI masih dibawah maskapai asing lain yang biasa dipergunakan oleh penumpang, yaitu berturut-turut mulai segmen I sd lll GI menduduki peringkat 4, 4 dan 3 dari enam maskapai yang diperbandingkan. selanjutnya strategi pemasaran dapat dirumuskan berdasarkan informasi diatas dengan menetapkan segmentasi, Targeting dan posisioning yang implementasinya diterjemahkan melalui bauran pemasaran melalui perumusan Produk, Harga(Price), Distribusi(place) dan Promosi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 14 Dec 2013 04:21
Last Modified: 11 Apr 2014 07:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5598

Actions (login required)

View Item View Item