Pengaruh Metode Penggunaan Alat Konkret Sebagai Sarana Belajar Terhadap Minat Pada Bidang Studi Matematika

Sanjaya, Christina (2001) Pengaruh Metode Penggunaan Alat Konkret Sebagai Sarana Belajar Terhadap Minat Pada Bidang Studi Matematika. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152048

Abstract

Matematika merupakan pelajaran penting sebab keberadaannya tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Keberadaan matematika adalah untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial, ekonomi dan alam. Tetapi pada kenyataannya, banyak anak yang cenderung tidak tertarik pada matematika karena pelajaran matematika dianggap sebagai pelajaran yang sukar dan membosankan. Dengan adanya kenyataan seperti ini, muncul lembaga-lembaga bimbingan belajar yang bertujuan menumbuhkan minat anak terhadap matematika dengan metode pengajaran yang lebih menarik, salah satunya adalah metode penggunaan alat konkret sipoa. Hal menarik yang ingin diungkap peneliti melalui penelitian ini adalah "Apakah dapat dengan menggunakan alat konkret dalam belajar matematika dapat meningkatkan minat belajar matematika pada anak ?". Penelitian dilakukan di lembaga bimbingan 'Sin Suan' dan SD 'X'. Subyek berusia 8-10 tahun, sejumlah 17 anak pada masing-masing tempat. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu pemilihan sekelompok subyek berdasarkan atas ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu yang sudah diketahui sebelumnya. Data diungkap dengan menggunakan tes minat dan angket tambahan. Semua data yang diperoleh, dianalisis dengan T -tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat meyakinkan antara minat yang diperoleh dari pascates pada lembaga bimbingan 'Sin Suan' dan SD 'X' [Dmax (0,824) =::: 0,47 dan p (1,967-05) :<:: 0,05]. Pada lembaga bimbingan 'Sin Suan' ada perbedaan minat yang sangat meyakinkan antara pretes dan pascates [Dmax (0,824) =::: 0,47 dan p (0,05) :<:: 0,05]. Sedangkan pada SD 'X' tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara pretes dan pascates [Dmax (0,118) :<:: 0,47 dan p (1,000) =::: 0,05]. Peningkatan minat pada Lembaga Bimbingan 'Sin Suan' lebih meyakinkan daripada di SD 'X'. Peningkatan minat yang ada bukan hanya terjadi karena penggunaan alat konkret saja tetapi juga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal seperti perhatian orang tua, respon orang tua terhadap hasil usaha belajar anak, tuntutan orang tua, anggapan anak terhadap matematika dan perasaan suka atau tidak suka terhadap matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan kepada lembaga pendidikan pada umumnya yaitu pentingnya memberikan bimbingan belajar matematika dengan menggunakan alat konkret dalam meningkatkan minat. Kepada Lembaga Bimbingan 'Sin Suan' adalah mempertimbangkan metode belajar yang lain sebagai sarana untuk meningkatkan minat anak pada matematika. Bagi SD 'X' adalah mempertimbangkan penggunaan alat konkret (sipoa) dalam meningkatkan minat matematika. Bagi orang tua adalah memberikan informasi tentang pentingnya memiliki minat matematika melalui metode belajar dengan menggunakan alat konkret.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 11:52
Last Modified: 13 Dec 2013 11:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5833

Actions (login required)

View Item View Item