., Asrimarinda (2002) Evaluasi kinerja non financial performance measure untuk meningkatkan kinerja badan usaha pada PT X di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Beragamnya pilihan berbagai macam merek minuman ringan menjadikan konsumen semakin selektif memilih minuman ringan yang berkualitas baik dan sesuai kemampuannya. Oleh karena itu, untuk dapat bersaing dipasaran produsen minuman ringan perlu memperhatikan informasi dan pengukuran kinerja dan melalukan evaluasi kinerja yang terfokus pada aspek-aspek financial dan non financial sehingga dapat membantu badan usaha bekerja secara efisien dan efektif dalam menawarkan produk yang mampu bersaing. Nonfinancial performance measures adalah suatu pengukuran kinerja non financial. Pengukuran non financial lebih ke pengukuran operasional. lndikator-indikator non financial adalah vendor performance/relationship with supplier (jumlah komplain dan retur kepada supplier), production process performance (tingkat kerusakan yang dihitung dengan mencari prosentase barang rusak terhadap total output), customer performance (jumlah komplain dari konsumen). Pada produktivitas yang diukur adalah produktivitas pemakaian bahan baku/material yang digunakan secara efisien. Pengukuran pada sales and marketing meliputi analysis sales distribution dan analysis of sales by salesman. Tampilan informasi yang dibuat adalah dari tabel yang dikonversikan ke bentuk tren agar terlihat langsung kineija tersebut dan mudah dipahami. Non financial performance measure hanya merupakan pengukuran agar pihak badan usaha dapat mengetahui apa tindakan yang harus dilakukan selanjutnya dan memikirkan konsekuensi yang ditimbulkan. Hasil evaluasi badan usaha pada kualitas dan produktivitas baik yang ditunjukkan dalam tren secara keseluruhan, tetapi perlu juga memperhatikan produktivitasnya pada tiap proses bahan baku. Pada kualitas agar reject tidak besar perlu dilakukan motivasi agar karyawan semakin termotivasi dalam pekerjaannya, rotasi pekerjaan untuk memperkecil tingkat kesalahan karena rutinitas yang membosankan. Agar penggunaan analysis of sales by salesmen dan analysis of sales by distribution pada indikator sales and marketing kriteria-kriteria lainnya yang dapat digunakan untuk pengukuran kinerja secara non financial seperti tingkat penanganan penjualan dari setiap sales center dan bagaimana seorang salesman dapat mempertahankan konsumen lama serta memperoleh konsumen baru. Semua hal yang telah disebutkan diatas dilakukan agar kinerja badan usaha lebih baik lagi di masa yang akan datang.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 25 Oct 2013 06:59 |
Last Modified: | 25 Oct 2013 06:59 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5842 |
Actions (login required)
View Item |