Lestari, dewi Sri (2002) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Keterlibatan Orang Tua Dalam Belajar Dengan Sikap Siswa Terhadap Belajar. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Siswa sebagai subyek yang belajar perlu untuk mengembangkan sikap yang positif terhadap belajar karena sikap terhadap belajar merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Dalam kegiatan belajar, setiap individu secara nyata mempunyai sikap yang berbeda- beda satu sama lain. Ada sebagian siswa yang mempunyai sikap positif terhadap belajar dan ada sebagian siswa yang mempunyai sikap negatif terhadap belajar. Sikap siswa terhadap belajar tidak lepas dari persepsi siswa terhadap keterlibatan orang tua dalam belajar. Jika orang tua melibatkan diri dengan sungguh-sungguh, maka anak akan mempersepsikan keterlibatan orang tuanya secara positif, dan begitu pula sebaliknya. Berdasarkan uraian di atas maka perlu adanya suatu penelitian guna melihat hubungan antara persepsi terhadap keterlibatan orang tua dalam belajar dengan sikap siswa terhadap belajar. Persepsi terhadap keterlibatan orang tua dalam belajar merupakan proses kognitif dalam memahami keterlibatan orang tua dalam belajar yang ditunjukkan dengan ada tidaknya pengawasan kegiatan belajar, pengawasan penggunaan waktu belajar, mengenal kesulitan-kesulitan anak dalam belajar, menolong anak mengatasi kesulitannya serta menyediakan fasilitas belajar. Sedangkan sikap siswa terhadap belajar adalah cara yang konsisten dan terorganisir dalam berpikir, berperasaan dan bereaksi terhadap aktivitas belajar yang meliputi aktivitas membaca, aktivitas oral atau lisan, mendengarkan, menulis, melakukan percobaan, dan aktivitas mental (mengingat, memecahkan masalah, melihat hubungan, mengambil keputusan). Subyek penelitian adalah 66 siswa kelas VI SDN Kedurus I No. 428 Surabaya Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan terbuka Angket persepsi terhadap keterlibatan. orang tua dalam belajar dan sikap siswa terhadap belajar dibuat penulis dengan skala Likert. Hasil analisis data dengan Teknik Korelasi Product Moment Pearson, menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap keterlibatan orang tua dalam belajar dengan sikap siswa terhadap belajar (r= 0,844 dan p < 0,001). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin positif persepsi terhadap keterlibatan orang tua dalam belajar maka sikap terhadap belajar semakin positif pula Hal ini berarti siswa menilai bahwa orang tua yang terlibat dalam kegiatan belajar dengan menyediakan fasilitas belajar, mengawasi penggunaan waktu belajar, mengawasi kegiatan belajar, mengenal kesulitan-kesulitan dalam belajar dan menolong mengatasi kesulitan-kesulitan belajar menumbuhkan sikap positif terhadap belajar pada diri siswa Dari hasil penelitian tersebut penulis menyarankan agar orang tua siswa dapat mempertahankan bentuk-bentuk keterlibatan dalam hal menyediakan fasilitas belajar, mengawasi penggunaan' waktu belajar, mengawasi kegiatan belajar, mengenal kesulitan-kesulitan dalam belajar dan menolong mengatasi kesulitan-kesulitan belajar serta untuk terlibat dalam bentuk lain seperti memberi dukungan emosional dengan memberi pujian atau support. Sedangkan bagi sekolah lain, penelitian ini dapat memberi masukan bahwa keterlibatan orang tua mempunyai peranan penting dalam membentuk sikap siswa terhadap belajar sehingga dapat mengembangkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan terutama dalam aktivitas belajar.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 11:45 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 11:45 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5848 |
Actions (login required)
View Item |